Alhamdulillah, Pelindo III siapkan 50 ribu paket sembako untuk masyarakat

Rabu, 22 Mei 2019 | 19:16 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pelindo III, menyiapkan 50 ribu paket sembako untuk disampaikan ke masyarakat pada Bulan Ramadhan 1440 H Tahun 2019 ini. Tradisi tersebut sudah rutin dilakukan oleh BUMN operator terminal pelabuhan tersebut untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Diutamakan untuk kaum papa yang tinggal di sekitar kantor-kantor Pelindo III di sejumlah pelabuhan di 7 provinsi di Indonesia.

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Toto Heli Yanto dari Surabaya, Rabu (22/5/2019), menjelaskan bahwa dari 50 ribu paket sembako tersebut, 2.500 paket diantaranya merupakan paket sembako seharga masing-masing Rp 100 ribu – Rp 150 ribu per paket yang akan dijual murah ke masyarakat di sekitar Pelabuhan Tenau Kupang dan di Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap. “Untuk hasil penjualan sembako murah di Kupang akan disalurkan kembali berupa bantuan sarana dan prasarana untuk lima tempat ibadah di Kupang. Kemudian untuk hasil penjualan di Cilacap akan disumbangkan ke beberapa panti asuhan di wilayah sekitarnya pada bulan suci ini,” ungkapnya.

Untuk aksi kemanusiaan tersebut, secara total, Pelindo III menyiapkan dana hingga Rp 5 miliar. Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya akan dibagikan sekitar total 7.500 paket sembako gratis oleh Pelindo III dan anak perusahaannya. Kemudian di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang juga akan dibagikan sekitar 5.500 paket sembako gratis.

Untuk wilayah pelabuhan di Pulau Kalimantan, pembagian sembako dalam jumlah besar di antaranya diadakan di Pelabuhan Banjarmasin dengan 3.800 paket sembako gratis dan di Pelabuhan Sampit yang dibagikan tak kurang dari 3.000 paket sembako gratis. Di Nusa Tenggara, pembagian 2.440 paket sembako gratis diadakan di Pelabuhan Benoa Bali dan 2.840 paket sembako gratis di Pelabuhan Lembar Lombok. Selain itu juga diadakan di seluruh pelabuhan-pelabuhan yang dioperasikan oleh Pelindo III.

Toto menyebutkan, setiap paket sembako berisi bahan kebutuhan pokok, antara lain beras, minyak goreng, gula, hingga kecap. Hal tersebut ditujukan untuk meringankan pengeluaran belanja konsumsi bulanan masyarakat yang biasanya meningkat pada Bulan Puasa Ramadhan. “Kesejahteraan masyarakat di sekitar pelabuhan selalu menjadi perhatian Pelindo III. Karena secara tidak langsung juga berkontribusi pada stabilitas bisnis operasional pelabuhan yang dikerjakan Pelindo III untuk mendorong kelancaran logistik bagi daerah,” ungkapnya.

Pelindo III juga menggandeng sejumlah komunitas maritim terkait dalam mengadakan Program Sembako Gratis dan Murah tersebut. Misalnya bersinergi dengan Polres dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan setempat, serta intitusi Pemerintah Daerah seperti Kantor Wali Kota/Bupati, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, dan sebagainya sesuai kebutuhan.

“Kerja sama lintas institusi dilakukan agar penyaluran sembako gratis dan sembako murah dapat berjalan lancer, sampai ke sasaran yang tepat, yakni warga yang berhak. Serta tentunya meningkatkan silaturahmi dan kekompakan para pemangku kepentingan di pelabuhan,” pungkasnya. kbc6

Bagikan artikel ini: