Mudik aman dan nyaman, perhatikan karat pada mobil dan pilih kaca film yang pas

Minggu, 26 Mei 2019 | 09:58 WIB ET

MENDEKATI hari Lebaran banyak masyarakat yang mulai mempersiapkan segala kebutuhan baik selama merayakan Lebaran di kanpung halaman maupun kegiatan perjalanan mudik.

Mudik menggunakan kendaraan pribadi telah menjadi salah satu yang banyak dipilih masyarakat, seiring dengan telah membaiknya infrastruktur jalan tol yang dibangun pemerintah.

Namun selain kegiatan selama Lebaran, ada hal yang perlu diperhatikan khususnya agar perjalanan mudik Anda aman dan nyaman, terutama pada kondisi kendaraan.

Pada  mobil penumpang, kenyamanan adalah hal yang utama setelah ketangguhan mesin. Kenyamanan ini sangat terkait dengan interior dalam mobil serta aksesori yang melengkapi.

Salah satu kenyamanan yang  dirasakan ketika berada di dalam mobil adalah kabin sejuk, harum dan kedap suara dari luar. Kabin yang sejuk ini bisa di dapat dari AC dan pemasangan kaca film yang tepat.

Belakangan pemilihan dan pemasangan kaca film yang tepat ini bukan hanya membuat kabin mobil menjadi nyaman dan sejuk tapi juga untuk memenuhi gaya hidup, menyangkut privasi dan keamanan penumpang di dalamnya.

Jason dari Fitgloss 3M authorized dealer Jalan Jemursari Surabaya menuturkan, mendekati musim Lebaran atau liburan akhir tahun, permintaan terhadap pemasangan kaca film mobil meningkat. Hal ini dia maklumi karena masyarakat ingin tampil beda dan tentu untuk kenyamanan dan keamanan.

"Sebagian besar yang datang ke Fitgloss lalu memasang atau mengganti kaca film mereka ingin mendapatkan sisi kenyamanan juga privasi," katanya, Sabtu (25/05/2019).

Menurutnya, sisi kenyaman dan privasi ini penting karena menyangkut keberadaan seseorang di dalam mobil. Menurutnya, orang memilih kaca film saat ini sebagian besar untuk memenuhi gaya hidup. Misalnya tetap bisa berkomunikasi dengan pihak luar, seiring dengan tingginya aktivitas di luar.

Beberapa jenis kaca film memiliki  teknologi canggih yang luar biasa, misalnya perawatannya mudah, tidak gampang berkarat atau berjamur dan tidak mengganggu penerimaan sinyal.

"Untuk itu, pilih jenis kaca film yang menghasilkan pantulan lebih kecil, pandangan pengemudi dan penumpang lebih jelas serta keaslian pemandangan di luar kendaraan," beber Jason.

Pantulan yang lebih kecil, kata Jason akan mengurangi silau yang mengganggu, lebih-lebih membahayakan pengemudinya.

Untuk keamanan pemakaian kaca film yang tepat, akan membantu meminimalisasi pecahan kaca yang terjadi akibat benturan. Kondisi ini mengantisipasi penumpang dari kecelakaan yang lebih serius. 

Pada keamanan kaca film terutama yang orisinal akan meningkatkan keamanan kendaraan dari tindak kejahatan seperti pencurian dan perusakan.

Selain itu, kaca film dengan kecanggihannya juga dilengkapi dengan lapisan daya tolak sinar UV yang berbahaya terhadap tubuh. 

Dengan lapisan anti sinar UV, kaca film ini akan membuat tenang berkendara dan terlindungi dari panasnya sinar matahari.

"Kaca film yang tepat  membuat awet interior mobil dari sinar UV yang dapat mengakibatkan pudarnya warna serta kerusakan material interior," urai Jason.

Yang jelas penampilan dan fungsi kaca film sama pentingnya, kaca film membuat teduh dan sejuk ketika di siang hari. Kaca film juga membuat penampilan mobil beda. "Jika kaca film sudah pudar warnanya maka berpengaruh juga untuk penampilan mobil," ujarnya.

Semprot anti karat

Selain kaca film hal terkait kenyamanan adalah bagian bodi yang tidak lagi senyap karena ada bagian yang retak-retak. Ada beberapa hal yang  perlu dilakukan perawatan secara tepat agar mobil tetap awet dan terpelihara baik pada bagian bodinya

Selain kenyamanan dengan memilih kaca film yang tepat,  bagian bodi menjadi penting untuk dilakukan perawatan agar tetap mulus dan terhindar dari karat. 

“Bodi mobil yang sebagian besar terbuat dari besi harus mendapat perawatan agar tidak mudah berkarat.  Apalagi yang sering terkena air. Kalau sudah terlihat pori-porinya berarti bodi mobil mulai keropos,” ungkap Jason.

Menurutnya, sebagian pemilik mobil memiliki cara untuk mencegah mobilnya tidak berkarat, bisa dengan disemprot sendiri dengan produk anti karat atau datang ke bengkel yang menyediakan semprot anti karat.

Di pasaran banyak sekali produk anti karat, tapi yang harus diperhatikan adalah detail dan proses pengerjaan penyemprotannya.

“Kolong mobil dan rumah roda ini adalah area yang paling sering bertemu dengan air. Untuk proses ini mobil harus diangkat, lalu disemprot dari bawah hingga benar benar rata dan  menutup bagian bodi tersebut,” paparnya.

Menurutnya, semakin sering area di bagian bawah mobil ini bertemu air, semakin cepat akan berkarat. Area lainnya yang harus diperhatikan pada semprotan anti karat pada mobil adalah pada jalur pembuangan air (talang). 

"Jika jarang dibersihkan jalur pembuangan ini bisa saja berkarat meski sudah dilapisi dengan cat mobil," ulasnya.

Karena itu, ada baiknya cek kembali kondisi bagian bawah mobil apakah masih aman anti karat yang ada atau sudah waktunya untuk disemprot dengan lapisan anti karat lagi. 

Jika sudah ada tanda-tanda anti karat mengelupas atau retak-retak, tandanya anti karat di bawah mobil tersebut sudah waktunya disemprot lagi.

Dua hal penting ini menjadi satu paket prioritas agar berkendara lebih nyaman dan senang selama perjalanan. Khusus dua hal ini, kata Jason, ada paket khusus bagi pelanggan hingga akhir bulan ini.

“Ada promo di bulan Ramadan yang yang penuh berkah yang bisa dimanfaatkan hingga akhir bulan ini,” pungkasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: