OVO, Tokopedia dan Grab patungan kumpulkan donasi bantu pendidikan anak yatim

Minggu, 26 Mei 2019 | 20:58 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Tiga perusahaan teknologi, yakni OVO, Tokopedia dan Grab berkolaborasi menghadirkan “Festival Patungan Untuk Berbagi” di 8 kota di Indonesia. Kegiatan ini menampilkan berbagai merchant dan hiburan bagi masyarakat dan penggunanya dalam menyambut Ramadan.

Program ini diadakan serentak di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Palembang, Medan, dan Makassar.

Di Surabaya, festival ini diadakan pada 22 - 26 Mei 2019 di Parkir Timur Plaza Surabaya. Selain menghadirkan berbagai hiburan, pengunjung festival dapat berpartisipasi dengan membagikan donasi yang dibuka hingga 6 Juni 2019, melalui platform dari tiga ekosistem digital terbesar di Indonesia, OVO, Tokopedia dan Grab.

Selama festival berlangsung, pengunjung bisa berkontribusi menyumbang dengan memindai QR code yang tersedia di booth Patungan untuk Berbagi. Pengunjung juga bisa langsung melihat bertambahnya jumlah donasi dalam bentuk parsel yang berisikan barang-barang kebutuhan sekolah. 

Director OVO, Setiawan Adhiputro mengatakan, 'Festival Patungan Untuk Berbagi' merupakan bagian dari gerakan sosial berbasis digital terbesar di Indonesia yang sudah diumumkan awal bulan lalu melalui kolaborasi OVO, Grab dan Tokopedia sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia.

Menurutnya, Patungan untuk Berbagi menjadi bentuk komitmen ketiga perusahaan dalam mendorong kemajuan ekonomi digital di Indonesia. Berdasarkan data dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) di tahun 2017, masih terdapat 4,4 juta anak Indonesia, termasuk yatim, piatu dan kurang mampu, yang belum memiliki jaminan pendidikan. 

“Kolaborasi Festival Patungan Untuk Berbagi bersama dengan Grab dan Tokopedia dapat semakin memperkaya upaya kami dalam terus menghadirkan beragam pengalaman baru untuk berdonasi digital secara mudah, aman, cepat dan efisien bagi masyarakat Surabaya,” katanya di sela acara buka puasa bersama lebih dari 500 anak yatim serta penyerahan donasi program “Patungan Untuk Berbagi” di Parkir Timur Plaza Surabaya, Minggu (26/5/2019).

Dipaparkannya, kampanye ini memudahkan semua masyarakat Indonesia untuk berbagi semangat kebahagiaan di bulan Ramadan melalui donasi lewat platform OVO, Grab dan Tokopedia, untuk mendukung keberlangsungan pendidikan anak yatim piatu di Tanah Air yang difasilitasi oleh Rumah Yatim sebagai penyalur donasi.

Setiawan bilang, hingga saat ini aplikasi pembayaran digital OVO telah diunduh oleh lebih dari 115 juta device di seluruh Indonesia dan telah menjangkau sebanyak 300 kota. "Artinya masyarakat sudah terbiasa dengan pembayaran digital, dan potensi pasarnya masih besar. Maka dari itu kami terus menjalin kolaborasi untuk penetrasi digital di Tanah Air," ulasnya.

Head of Public Affairs, Grab Indonesia, Tri Sukma Anreianno menuturkan, Grab berkomitmen untuk senantiasa dapat terus memberikan dampak sosial terhadap sesama di bulan Ramadan.

"Kami ingin terus menghubungkan kebaikan dan memperluasnya hingga ke wilayah Surabaya. Hal ini membuat kami semakin yakin bahwa program ini dapat menjadi sinergi yang baik untuk terus meningkatkan jiwa berbagi khususnya bagi warga di Surabaya," tandasnya.

Vice President of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak menambahkan, sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia ingin mempermudah masyarakat dalam menciptakan peluang dan mencapai lebih, berharap kehadiran Patungan Untuk Berbagi sebagai kolaborasi platform digital terbesar akan semakin mempermudah masyarakat Indonesia dalam berbagi kebaikan.

"Melalui Festival Patungan Berbagi yang juga turut digelar di Surabaya ini, kami berharap dapat mengingatkan lagi dan mendorong semangat berbagi di bulan Ramadan, sekaligus mengajak warga Surabaya dan sekitar untuk dapat memahami, menikmati dan memanfaatkan kemudahan platform digital, tidak hanya untuk transportasi, belanja, transaksi dan keperluan sehari-hari, namun juga untuk berbagi kebaikan," jelasnya.

Ditambahkannya, saat ini rata-rata ada 90 juta pengunjung Tokopedia setiap bulannya. Dengan menggandeng lebih dari 500.000 merchant di seluruh Indonesia, Tokopedia menghadirkan 50 cara pembayaran dan 30 produk digital.

Di tempat yang sama, Plt. Asisten Gubernur Jawa Timur Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial, Himawan Estu Bagijo menjelaskan, pendidikan berperan penting dalam pembentukan generasi penerus yang cerdas dan kompeten. Pendidikan juga diharapkan bisa memutus rantai kesulitan ekonomi.

"Di bulan Ramadan ini, saya mengajak masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Timur untuk berbagi semangat kebaikan. Harapan saya, program yang dilakukan OVO, Tokopedia, dan Grab ini dapat membawa kebahagiaan dan kebaikan bagi masyarakat Jawa Timur dan juga bagi para penerima manfaat," ujarnya.

Ditambahkannya, kerja sama tiga ekosistem digital terbesar di Indonesia ini diharapkan mampu menggarisbawahi pemanfaatan teknologi untuk kebaikan.

Sementara itu sejak diluncurkan, hingga saat ini program #PatunganUntukBerbagi telah berhasil mengumpulkan Rp 6,475 miliar lewat platform digital di seluruh Indonesia.

Setiawan mengungkapkan, ketiga perusahaan akan melipatgandakan setiap donasi yang terkumpul, sampai dengan Rp 10 miliar. Dimana donasi yang terkumpul akan disalurkan melalui Rumah Yatim untuk memberikan pendidikan yang lebih layak dan berkesinambungan. "Ini menegaskan pentingnya pendidikan untuk yatim, piatu, dan kurang mampu yang menjadi fokus program ini," tukasnya.

Gelombang pertama, dia bilang, penyaluran donasi ini disalurkan lewat Rumah Yatim dalam bentuk beasiswa dan perlengkapan sekolah kepada anak-anak yatim piatu dan kurang mampu. kbc7

Bagikan artikel ini: