Hore.. tiket KA Tambahan Lebaran Ekstra sudah bisa dipesan

Senin, 27 Mei 2019 | 09:13 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kabar gembira bagi masyarakat yang masih belum mendapatkan tiket KA untuk Angkutan Lebaran. KAI Daop 8 Surabaya akan mengoperasikan KA Tambahan Lebaran Ekstra. Dan tiket KA Tambahan tersebut sudah bisa dipesan sejak Minggu (26/5/2019) hingga 16 Juni 2019. 

EVP Daop 8 Surabaya, Suryawan Putra Hia mengatakan, KAI telah menyiapkan dan  akan mengoperasikan KA Tambahan guna memfasilitasi para pemudik. Adapun daftar perjalanan KA Tambahan Lebaran Ekstra tersebut diantaranya adalah KA Gajayana Lebaran, relasi Malang-Gambir, KA Sembrani Pagi Lebaran, relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir, KA Sancaka Lebaran, relasi Surabaya Gubeng-Yogyakarta,KA Kertajaya Lebaran, relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen dan KA Matarmaja Lebaran, relasi Malang-Semarang Poncol.

Selain itu, ada KA Pasundan Lebaran, relasi Surabaya Gubeng-Kiara Condong, KA Jayakarta Premium tambahan SGU - ML, relasi Surabaya Gubeng-Malang dan KA Jayakarta Premium tambahan ML - SGU, relasi Malang-Surabaya Gubeng.

Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Suprapto menambahkan PT KAI Daop 8 Surabaya menyediakan total tempat duduk selama masa angkutan lebaran sebanyak 1.019.274 tempat duduk, dengan perkiraan okupansi penumpang kereta api keberangkatan Daop 8 sebanyak 793.500 penumpang. Angka ini mengalami peningkatan sebanyak 4% dari tahun lalu dengan volume sebanyak 762.085 penumpang. Sedangkan masa puncak angkutan lebaran diprediksi terjadi pada Sabtu, 01 Juni 2019 atau H-4 lebaran (pra lebaran) dan pada tanggal 9 Juni 2019 atau H+3 lebaran (pasca lebaran).

"Tiket KA Tambahan Lebaran Ekstra ini sudah dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, Website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya. Dengan beroperasinya KA Tambahan Ekstra ini, total KAI menyediakan 91 perjalanan KA yang terdiri dari 83 KA Reguler dan 8 KA Tambahan pada masa Angkutan Lebaran 2019, yakni selama 22 hari mulai 26 Mei," tambah Suprapto.

Pasukan Angkutan Lebaran 2019 

Selain telah membuka akses pembelian tiket KA Tambahan Lebaran, PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga melaksanakan gelar pasukan Angkutan Lebaran 2019 pada Minggu (26/5”2019). Gelar pasukan ini , menandai hari pertama posko KAI dalam rangka melayani masyarakat yang mudik dan balik menggunakan moda angkutan kereta api. Pada musim Lebaran 2019, KAI menetapkan masa mudik Lebaran selama 22 hari yakni dari 26 Mei 2019 (H-10) hingga 16 Juni 2019 (H+10). 

“Pada periode tersebut KAI menyiapkan segala sumber daya demi melayani konsumen secara maksimal. Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan KAI secara keseluruhan. Diharapkan dengan maksimalnya persiapan KAI menyambut Angkutan Lebaran, seluruh proses perjalanan mudik maupun balik berjalan lancar tanpa kendala,” tegasnya.

Guna memastikan keselamatan perjalanan KA, KAI Daop 8 meningkatkan pengawasan di daerah-daerah rawan dan menyiagakan 175 petugas ekstra guna memastikan keandalan jalur rel kereta api dan alat material untuk siaga (AMUS) berupa batu balas/kricak, bantalan rel, pasir, dsb, dimana telah disiapkan di 4 titik strategis diantaranya di Bangil, Mojokerto, Wlingi, dan Babat. Adapun para petugas ekstra tersebut diantaranya petugas penjaga pelintasan KA sebidang 119 orang, petugas pemeriksa jalur sebanyak 37 orang, dan 19 tenaga untuk menjaga daerah rawan. Selain itu, tenaga flying gank disiagakan 24 jam apabila terjadi rinja (rintang jalan) atau KKA (kecelakaan kereta api).

Di samping itu, KAI menyiapkan tenaga keamanan Angkutan Lebaran dari internal (Polsuska dan satpam) serta eksternal (TNI/Polri). Sebanyak 163 tenaga Polsuska akan bertugas di atas KA dan di stasiun. Sementara 433 personel satpam akan menjaga di tiap stasiun dan aset KAI. Sedangkan tenaga eksternal dari TNI/Polri sebesar 99 personel plus 6 anjing pelacak (K-9) disiagakan untuk menjaga stasioner, parkir, dan jalur KA.kbc6

Bagikan artikel ini: