Targetkan laba Rp120 miliar, PTPN X seriusi program hilirisasi produk

Rabu, 29 Mei 2019 | 01:42 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kinerja PTPN X terus dipacu. Perusahaan plat merah yang bergerak di bidang pergulaan ini telah menargetkan bisa membukukan laba di tahun ini sebesar Rp 120,74 miliar.

Guna mencapai target tersebut, berbagai perbaikan dan inovasi produk telah dilakukan di tahun inj, salah satunya melalui hilirisasi produk.  Melalui program hilirisasi, PTPN X akan menghasilkan produk lain seperti gula ritel dan pupuk bio-kompos. 

Untuk gula ritel, sekitar 6 unit mesin baru akan mulai beroperasi di PG Pesantren Baru dan PG Gempolkrep dengan nilai investasi sebesar Rp 8,3 Miliar. Unit baru tersebut akan memproduksi gula ritel dengan kapasitas 25 pack per menit. 

Sedangkan pabrik pupuk bio-kompos akan beroperasi di Bandungan, Mojokerto dan Sumberlumbu Kediri sebanyak dua unit dengan kapasitas n sebesar 20.000 ton per mesin per tahun. 

“Program hilirisasi produk adalah keharusan. Produksi gula ritel dan pupuk bio-kompos ini merupakan bentuk inovasi yang dilakukan oleh PTPN X. Diharapkan adanya produk-produk hilirisasi mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan,” tambah Dwi. 

Selain itu, PTPN X juga kian gencar melakukan optimalisasi aset guna meningkatkan nilai tambah bagi perusahaan dan juga memanfaatkan idle assets. Dalam hal ini, PTPN X bekerjasama dengan PT Wijaya Karya Realty dan PT Duta Anggada Realty untuk Pembangunan Hotel & Convention Hall, serta PT Kutai Timber Indonesia untuk penanaman kayu sengon memanfaatkan lahan yang idle.

Tak hanya berfokus pada hilirisasi produk dan optimalisasi aset, peningkatan pelayanan kepada petani juga ditingkatkan, salah satunya melalui Pelatihan Petani Tebu Milenial. Pelatihan tersebut telah dilakukan sebanyak enam angkatan, dengan masing-masing angkatan sejumlah 60 orang petani. Rencananya, pelatihan serupa juga akan digelar untuk tiga angkatan selanjutnya.kbc6

Bagikan artikel ini: