Ekonomi kuartal II diprediksi tumbuh 5,1 persen, ini penopangnya

Rabu, 29 Mei 2019 | 08:09 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pertumbuhan ekonomi pada kuartal II tahun 2019 diprediksi akan mencapai 5,1 persen. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2019 yang sebesar 5,07 persen.

Pengamat Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan, ada dua hal yang menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2019. Salah satunya, momentum Ramadan dan Lebaran yang mendorong konsumsi masyarakat.

"Secara musiman momentum Lebaran disertai dengan kenaikan konsumsi rumah tangga yang tinggi dibandingkan kuartal lain. Ritel, perhotelan, makanan minuman dan transportasi selalu alami kenaikan penjualan," ujar dia di Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Kemudian, efek dari pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) baik pekerja swasta maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang juga akan mendorong konsumsi masyarakat.

"Efek THR dirasakan hampir seluruh masyarakat khususnya PNS karena ada kenaikan THR dan gaji ke 13 dibanding tahun lalu," lanjut dia.

Oleh sebab itu, lanjut Bhima, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2019 diproyeksi akan lebih baik ketimbang kuartal sebelumnya. "Jadi proyeksi growth di kuartal II berkisar 5 persen-5,1 persen," tandas dia. kbc10

Bagikan artikel ini: