Dekati Lebaran, harga gula pasir merangkak naik

Rabu, 29 Mei 2019 | 20:05 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencermati adanya kenaikan harga gula pasir di dalam negeri  jelang Lebaran tahun ini.

Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) Srie Agustina mengatakan, pihaknya telah memantau pergerakan harga bahan pokok di Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan Pasar Jatinegara, Jakarta Timur. Hasilnya, Srie mencermati mulai ada kenaikan harga gula di pasar sebesar Rp 500 per kilogram (kg).

"Kami akan coba mengawal harga gula pasir karena harga gula pasir agak sedikit bergerak," kata Srie di Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Menurutnya kenaikan harga gula disebabkan oleh permintaan yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan berbuka puasa dengan makanan atau minuman manis. Pemerintah telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) gula sebesar Rp 12.500 /kilogram (kg). Sementara saat ini, para pedagang di Pasar Minggu mulai menjual gula seharga Rp 13.000/kg.

Namun, harga gula tersebut masih bisa ditawar hingga Rp 12.500/kg  jika membeli dalam jumlah besar. “Jadi kalau menjual lebih banyak, mereka rela marginnya dikurangi karena volumenya besar,” ujarnya.

Serupa dengan yang terjadi di Pasar Minggu, harga gula di Pasar Jatinegara juga mulai naik Rp 500 kg. Sementara itu, berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), rata-rata harga gula pasir kualitas premium sebesar Rp 14.950 /kg. Sementara gula pasir lokal Rp 13.000 per kilogram. Adapun pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 96 Tahun 2018, harga gula dipatok sebesar Rp 12.500 /kg.

Untuk meredam kenaikan harga, pemerintah menjamin ketersediaan pasokan gula tetap terjaga hingga Lebaran. Salah satunya dengan menggandeng pihak distributor untuk terus menyediakan pasokan.kbc11

 

 Berdasarkan hasil tinjauan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) di dua pasar Jakarta, harga gula pasir terlihat mulai merangkak naik. Meski begitu, pemerintah memastikan kenaikan harga gula pasir tidak signifikan jelang Lebaran tahun ini. kbc11

Bagikan artikel ini: