Oppo siapkan teknologi kamera depan smartphone dalam layar

Rabu, 5 Juni 2019 | 16:35 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Melalui akun media sosial Weibo-nya, petinggi Oppo Brian Shen berbagi video pendek tentang penampakan smartphone prototipe yang diletakkan di atas meja. Yang menarik adalah di bagian layar tidak nampak bentuk fisik kamera depan.

Mengutip laman Gsmarena, Minggu (2/6/2019), dalam video tersebut layar terlihat tanpa notch yang biasa dijadikan tempat kamera depan. Video juga memperlihatkan ketika fitur kamera dibuka, tidak terlihat penampakan fisik kamera baik dalam bentuk notch atau flip camera atau pop-up.

Namun keberadaan kamera terlihat ketika jari digerakkan di depan layar. "Teknologi kamera di bawah layar ini masih awal. Pada tahap ini, sulit bagi kamera di bawah layar untuk mencocokkan hasil yang sama dengan kamera normal, pasti ada beberapa kerugian dalam kualitas optik," kata Shen, dalam keterangannya di unggahan.

"Tapi, tidak ada teknologi baru yang melompat dengan sempurna,"imbuhnya.

Berbagai inovasi sebelumnya berusaha membuat kamera depan tak terlihat di bagian layar. Cara-cara kreatif tersebut salah satunya dengan kamera pop-up yang muncul di sisi atas smartphone, seperti yang dipasang pada Vivo V15 Series dan Oppo F11 Pro.

Selain itu, yang terbaru adalah kamera yang terpasang pada Asus ZenFone 6 dengan teknologo flip-up yang membuat fungsi kamera belakang bisa dijadikan kamera depan. Tapi sekarang, tampaknya Oppo telah menemukan solusi non-mekanis kamera selfie di bawah layar atau di dalam layar.

Belum diketahui kapan teknologi tersebut akan diproduksi secara massal dalam smartphone, tapi Vivo saingan Oppo di China juga dikabarkan sedang mengerjakan implementasi serupa.

Selain Oppo, Xiaomi juga sudah memamerkan teknologi tersebut dengan demo kamera di dalam layar. CEO Xiaomi Lin Bin, berbagi video yang diduga diambil bulan lalu, dimana kamera dalam laYr ditambahkan ke dalam prototipe Xiaomi Mi 9.

"Tidak ada lubang, tidak ada notch, tidak ada kamera pop-up," tutur Lin Bin dalam keterangan video. Namun, sekali lagi tidak disebutkan kapan tanggal peluncuran teknologi itu. kbc10

Bagikan artikel ini: