Agar tak terjebak macet arus balik, ini saran Menhub untuk pemudik

Kamis, 6 Juni 2019 | 05:37 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyarankan pemudik Lebaran 2019 agar kembali sebelum tanggal 8 hingga 9 Juni 2019. Sebab, dua hari tersebut diprediksi merupakan puncak arus balik.

Menurut dia, jika pemudik yang kembali di Jakarta memilih untuk pulang di luar puncak arus balik, maka kepadatan arus lalu lintas akan lebih lancar.

"Saya sarankan pemudik, puncak akan terjadi tanggal 8 dan 9 (Juni). Mulailah balik ke Jakarta tanggal 7 atau tanggal 6. Setelah sungkem-sungkem langsung pulang," kata dia, di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (4/6/2019).

Dia menjelaskan, periode arus balik akan lebih padat dibandingkan dengan arus mudik. Hal tersebut disebabkan jangka waktu arus balik yang lebih singkat dibandingkan arus mudik.

Karena itulah, menurut Menteri Budi, kebijaksanaan pemudik dalam merencanakan waktu kembali ke Jakarta sangat diperlukan.

"Karena tanggal 9 akan puncak arus balik Lebaran 2019. Kita bayangkan sekarang ada 5 sampai 6 hari mudik. Nanti balik cuma 3 hari. Ada suatu kegiatan yang menumpuk," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: