Sri Mulyani minta pejabat hemat biaya perjalanan dinas, imbas tiket pesawat mahal?

Kamis, 13 Juni 2019 | 13:42 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Mahalnya tiket pesawat tidak saja memberatkan masyarakat. Hal itu juga rupanya menjadi masalah dalam kementerian/lembaga (K/L) saat melakukan perjalanan dinas. Kenaikan tarif pesawat tentu saja membuat anggaran perjalanan dinas para pejabat K/L menjadi membengkak.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun mengimbau agar kementerian dan lembaga melakukan efisiensi dalam mengelola anggaran perjalanan dinas masing-masing.

"Ya kita lihat, kan sebetulnya dari keseluruhan belanja kementerian dan lembaga untuk perjalanan dinas itu kita minta diefisiensikan," kata dia di Gedung BPK, Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Adapun dampak dari kenaikan tiket pesawat tersebut menurutnya akan tercermin pada laporan penggunaan dan realisasi anggaran masing-masing kementerian dan lembaga.

"Jadi mungkin Kalau kenaikan tarif dari tiket-tiket tentu nanti akan terlihat, tapi karena memang pesan kita untuk seluruh K/L untuk perlu melakukan efisiensi dalam perjalanan dinas atau belanja barang secara keseluruhan maka nanti kita akan lihat," ujarnya.

Karena itulah efisiensi dinilai sangat penting dalam hal ini. Dia mengungkapkan, biasanya efisiensi dilakukan dengan cara memangkas anggaran untuk menambal biaya yang naik. Hal tersebut biasanya akan terlihat dari laporan belanja masing-masing K/L.

"Jadi mungkin mereka juga akan melakukan efisiensi biasanya, kalau ada kenaikan disatu sisi tapi kemudian mereka melakukan efisien ditempat lain," tutupnya. kbc10

Bagikan artikel ini: