Mantan bos Telkom dikabarkan jadi kandidat kuat dirut PLN

Selasa, 18 Juni 2019 | 07:45 WIB ET
Alex Janangkih Sinaga
Alex Janangkih Sinaga

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih mencari pengganti untuk direktur utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Beberapa nama diisukan menjadi dirut PLN. Salah satunya adalah Alex Janangkih Sinaga. Alex sebelumnya adalah direktur utama PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk.

Mengenai kabar ini, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, dan Perhubungan Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah mengatakan bisa saja Alex Sinaga menjadi dirut PLN. Namun, hal itu tergantung Alex Sinaga apakah setuju mengambil peran menjadi dirut PLN.

"Saya enggak tahu ya, tapi memang kalau ditanya ya mungkin saja. Karena pak Alex adalah salah satu CEO berpengalaman dari Telkom. Dan dia salah satu CEO yang memang secara teknis dan kepemimpinannya paling terlihat. Kalau minjam istilahnya bu Menteri BUMN, salah satu talenta terbaik di BUMN, pak Alex. Cuma apakah dia bersedia atau tidak, kita enggak tau," ujar Edwin Hidayat di Gedung DPR, Jakarta, Senin (17/6/2019).

Edwin menambahkan, ada beberapa tugas penting jika dirut baru PLN telah terpilih. Salah satunya meningkatkan investasi yang merupakan program utama dari PLN.

"Memang PLN itu banyak sekali tugasnya dan ukurannya besar sekali. Karyawannya saja ada 120 ribu dan setiap tahun harus mengejar program pemerintah. Investasi PLN itu, setahun mendekati Rp100 triliun. Jadi enggak gampang mencari orang yang mempunyai kapasitas memimpin PLN," jelasnya.

Saat ini,Kementerian sedang menyeleksi 3-5 calon untuk dirut baru PLN. Kandidat dirut PLN ini berasal dari dalam dan luar PLN. Namun keputusan tetap bergantung dari Kementerian BUMN selaku pemegang saham di PLN. kbc10

Bagikan artikel ini: