SSG gelar Tering Bay International Amateur Championship 2019

Selasa, 18 Juni 2019 | 07:53 WIB ET

BATAM - Society of Singapore Golfers (SSG) akan mengadakan kegiatan bertajuk Tering Bay International Amateur Championship 2019 di Batam. Acara akan berlangsung selama 4 hari, tanggal 30 Juni-3 Juli.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, Tering Bay International Amateur Championship 2019 dilakukan untuk memberi peringkat pada para pegolf amatir. Antara lain dari Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan pegolf kebangsaan lain yang tinggal di Singapura.

“Ini juga untuk memperkenalkan Batam sebagai salah satu surga golf di Indonesia. Khususnya Nongsa yang sudah menjadi semacam rumah bagi para juara golf. Nantinya, peserta juga diajak untuk menikmati pemandangan kompleks resort tepi pantai dan menginap di Batam View Beach Resort yang terletak di ujung timur laut Batam,” ujarnya, Minggu (16/6).

Adapun ketentuan Tering Bay International Amateur Championship 2019, antara lain akan diputuskan dengan bermain stroke lebih dari tiga putaran, dengan 18 lubang. Ini sesuai dengan peraturan golf internasional sebagaimana disetujui oleh R&A Rules Limited. Dan sesuai dengan peraturan lokal yang diadopsi oleh komite turnamen.

“Akan ada cut-off setelah 36 lubang. Setidaknya 60 persen teratas dari lapangan dengan skor bruto agregat terendah di masing-masing divisi selama 36 lubang pertama, akan memenuhi syarat untuk babak final pada 3 Juli mendatang. Mereka yang melewatkan pemotongan dapat terus memainkan babak non-kompetitif di jalur yang sama,” ungkapnya.

Yang pasti, kata dia, sang juara akan menjadi pemain dengan skor agregat bruto terendah selama tiga putaran. Kejuaraan ini terbuka untuk siapa saja. Syaratnya, pegolf amatir sesuai dengan peraturan sebagaimana diumumkan secara resmi oleh R&A Rules Limited. Kemudian telah memenuhi kisaran indeks handicap yang ditetapkan pada 1 Mei 2019.

“Untuk Divisi Evergreen Senior dan Wanita, setiap peserta harus mencapai usia 50 tahun atau lebih pada 1 Juli 2019,” jelasnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengatakan, kegiatan tersebut akan meningkatkan awareness Batam sebagai salah satu surga golf di Indonesia. Sebab, daerah ini memiliki 6 lapangan golf bertaraf international.

“Keenam lapangan golf tersebut adalah Tering Bay Golf & Country Club, Palm Springs Golf & Country Club, Southlinks Country Club, Indah Puri Golf Resort, Padang Golf Sukajadi, dan Batam Hills Golf Resort,” bebernya.

Menurut Rizki, lapangan-lapangan golf tersebut adalah hasil rancangan designer international. Maka, kualitas dan fasilitasnya pun memenuhi standar internasional. Tak heran jika penggemar olahraga golf betah bermain di situ.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, iklim investasi di Batam akan terus stabil dengan masuknya kembali para investor di sektor pariwisata atau pendukung pariwisata. Sehingga, perekonomian di Batam akan terus meningkat.

“Golf mempunyai pasar tersendiri. Ini semakin melengkapi keberadaan sport tourism yang selama ini sudah membuat pariwisata Kepri bergeliat. Kita tahu, sport tourism juga menjadi penyumbang wisman cukup banyak. Ini akan terus kita dukun dan kita harap golf di Batam semakin maju,” ungkapnya.(***)

 

Bagikan artikel ini: