BRI caplok 90% saham Asuransi Bringin Sejahtera senilai Rp1,04 triliun

Minggu, 23 Juni 2019 | 15:29 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) memastikan akan mengakuisisi 90% saham PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur (BRINS) dengan nilai Rp 1,04 triliun. BRI membeli saham perusahaan asuransi ini dari Dana Pensiun BRI.

Transaksi ini termasuk transaksi afiliasi karena BRI merupakan pendiri Dapen BRI. "Transaksi bukan merupakan transaksi yang nilainya lebih dari 20% dari ekuitas perseroan, sehingga bukan merupakan transaksi material," ungkap BRI dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Jumat (21/6/2019).

BRINS merupakan perusahaan asuransi kerugian, yakni membuat dan menutup perjanjian dari segala asuransi kerugian, termasuk pula perjanjian-perjanjian, reasuransi, terkecuali pertanggungan jiwa.. Selain Dapen BRI, pemegang saham BRINS adalah Yayasan Kesejahteraan Pekerja BRI. Yayasan ini memiliki 10% saham BRINS.

BRI mengungkapkan bahwa penyertaan pada lembaga keuangan nonbank merupakan bagian dari strategi pertumbuhan anorganik BRI dalam rencana bisnis tahun 2019-2021.

Salah satu pertumbuhan anorganik yang direncanakan oleh BRI adalah penyertaan pada lembaga keuangan nonbank dengan produk/jasa yang bersifat melengkapi produk/jasa BRI. "Pemilihan BRINS sebagai calon investee antara lain BRINS memiliki growth dan return yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata asuransi umum dan perbankan," ungkap BRI dalam pengumuman transaksi.

Selain itu, BRINS merupakan perusahaan yang terafiliasi dengan BRI sehingga lebih mudah untuk diintegrasikan dengan budaya BRI. kbc10

Bagikan artikel ini: