Efisiensi energi, Gubernur Khofifah imbau masyarakat Jatim gunakan kompor induksi

Senin, 24 Juni 2019 | 16:03 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Sebagai upaya untuk mewujudkan efisiensi energi dan mengoptimalkan energi yang andal, aman, serta ramah lingkungan di Provinsi Jawa Timur, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendukung program PLN Distribusi Jawa Timur tentang konversi kompor energi lain ke kompor induksi. 

Hal ini dikuatkan dengan dikeluarkannya Surat Edaran Gubernur Jawa Timur, Nomor 671/2701/124.3/2019 tanggal 14 Juni 2019 tentang himbauan penggunaan kompor induksi di Jawa Timur. 

Dalam edaran tersebut, Khofifah meminta dukungan dari masyarakat khususnya konsumen rumah tangga PLN dengan daya sama dengan atau lebih besar 2200 VA untuk migrasi dari kompor gas ke kompor induksi. 

Imbauan juga ditujukan kepada stakeholder seperti Asosiasi Pengelola atau Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun, Apartemen, Perhotelan, Real Estate dan Restoran di Jawa Timur. 

Menanggapi hal tersebut, General Manager PLN UID Jatim, Bob Saril mengapresiasi secara positif langkah Pemprov Jawa Timur, serta menyampaikan kapasitas pasokan listrik Jawa Timur yang mencukupi jika masyarakat dan stakeholder lainnya beralih menggunakan kompor induksi. 

Sebelumnya, PLN UID Jawa Timur telah menggiatkan serangkaian acara sebagai bentuk kampanye electrifying lifestyle ini. Mulai dari promo kompor induksi saat Car Free Day di beberapa kota di Jawa Timur, masak menggunakan kompor induksi di Gebyar UKM di beberapa Kota dan Kabupaten Jawa Timur, serta pembudayaan menggunakan kompor induksi di lingkungan internal PLN. Perwakilan Dinas ESDM Jawa Timur, Didik Agus menyampaikan dukungan sepenuhnya atas terobosan PLN ini. 

“Terobosan ini sangat bagus, memanfaatkan potensi energi yang eksisting. Seperti yang kita ketahui, kapasitas daya listrik di Jawa Timur ini masih mencukupi. Disisi lain, melalui program ini kita juga berkontribusi dalam program penyelamatan lingkungan, maka sudah seharusnya untuk didukung dan digunakan oleh masyarakat khususnya golongan menengah ke atas,” tuturnya di Surabaya, Senin (24/6/2019).

Ia juga menerangkan, ada banyak kemanfaatan yang akan dirasakan ketika menggunakan kompor induksi, diantaranya aman, ramah lingkungan, suhu mudah diatur dan konsisten, elegan dan mudah dibersihkan serta praktis.

“Aman karena kompor induksi tidak memancarkan panas dan tidak memiliki nyala api. Selain itu ada timer sehingga lebih aman dan risiko kebakaran kecil. Kompor ini juga termasuk ramah lingkungan karena kompor induksi tidak membuang emisi seperti CO2 sehingga lebih ramah lingkungan,” pungkasnya. kbc6

Bagikan artikel ini: