Menhub inginkan Surabaya terapkan transportasi umum O-Bahn

Selasa, 25 Juni 2019 | 07:32 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menilai Surabaya menjadi kota yang cocok untuk mengimplementasikan transportasi umum O-Bahn. O-Bahn adalah transportasi massal berkonsep smart train. O-Bahn merupakan perpaduan antara bus rapid transit (BRT) dengan light rapit transit (LRT).

"Surabaya kelihatannya cocok" kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi  di Komplek Istana, Jakarta Pusat, Senin (24/6/2019).

Pengoperasian transportasi ini pun bisa menggunakan jalan umum dan juga di jalur rel. O-Bahn juga diharapkan sebagai solusi transportasi perkotaan di Indonesia.

Budi Karya menjelaskan, cocoknya Surabaya untuk mengimplementasikan O-Bahn karena wilayah tersebut memiliki area jalan yang luas dan beberapa daerahnya sudah mulai macet. Jika memungkinkan, lintasan untuk transportasi ini dibangun melayang (elevated).

"Karena jalannya relatif besar, dan juga dia butuh terobosan dari daerah tertentu yang sudah macet, jadi kita harus elevated," ujar dia.

Pihaknya akan melakukan kajian pada tahun ini sehingga tahun depan sudah bisa melakukan perencanaan matang sebelum merealisasikannya.

"Study mulai sekarang, tahun depan mulai perencanaan," ungkap dia. kbc10

Bagikan artikel ini: