Bill Gates akui kalah dari Android

Selasa, 25 Juni 2019 | 19:23 WIB ET

SAN FRANSISCO, kabarbisnis.com: Semua mengakui jika Bill Gates memiliki riwayat karir yang mentereng dan bahkan menjadi salah satu orang terkaya sejagad. Namun setiap manusia punya kekurangan, dan hal itu pun dirasakan Bill Gates.

Seperti dikutip dari CNN, Gates mengaku kesalahan terbesar dalam karirnya adalah tak mampu menjadi pesaing sistem operasi ponsel Apple yakni iOS. Terlebih, perusahaannya malah kalah dari Android.

Sang pendiri Microsoft membuat pengakuan dalam wawancara baru-baru ini saat membahas bagaimana Microsoft kalah dari Google dalam meluncurkan sistem operasi mobile untuk menyaingi Apple iOS.

"Dalam dunia perangkat lunak, terutama untuk platform, ini adalah pasar di mana pemenang akan mengambil semuanya," kata Gates.

"Jadi kesalahan terbesar adalah kesalahan manajemen apa pun yang telah saya lakukan sehingga menyebabkan Microsoft tidak seperti Android," lanjut dia.

Selama bertahun-tahun, Microsoft adalah pemimpin dalam industri komputer, termasuk bisa mengalahkan Apple. Tetapi Microsoft gagal berkembang dengan cukup cepat di pasar smartphone. 

Sebenarnya Microsoft mengeluarkan sistem operasi mobile sendiri yang disebut Windows Mobile, pada tahun 2000. Sementara Apple baru memulai debut iPhone-nya pada tahun 2007, dan diikuti oleh platform Android oleh Google pada tahun 2008. 

Meski Microsoft memiliki sistem operasi mobile pertama, tapi dengan cepat malah tertinggal dari Apple dan Google. kbc10

Bagikan artikel ini: