Baru rilis, Toy Story 4 raup Rp3,2 triliun

Kamis, 27 Juni 2019 | 07:47 WIB ET

EMERYVILLE, kabarbisnis.com: Toy Story 4 berhasil sukses besar di kalangan kritikus dan box office. Terbukti, meski baru saja rilis, film ini sudah meraup US$118 juta atau Rp 1,6 triliun (US$1 = Rp 14.142).

Variety melaporkan, Toy Story 4 berhasil mengumpulkan Rp 1,6 triliun dari penjualan tiket pada debut di 4.575 bioskop di Amerika Utara. Itu ditambah US$120 juta (Rp 1,69 triliun) dari 37 wilayah internasional.

Meski demikian, Forbes mencatat pemasukan Toy Story 4 di AS sedikit mengecewakan, karena ekspektasi awal yakni US$140 juta (Rp 1,97 triliun). Film itu pun gagal melewati rekor pembuka Finding Dory dan The Incredibles 2.

Pada pekan pembuka, Finding Dory meraup US$138 juta di pekan awal, sementara tahun lalu The Incredibles 2 berhasil mengumpulkan hingga US$182 juta.

Variety menyebut Toy Story 4 terbilang underperforming karena ada fans yang merasa Toy Story 3 sudah berhasil mengakhiri cerita dengan baik. Sekadar informasi, pemasukan Toy Story 3 pada pekan pertama adalah sejumlah US$110 juta.

Akan tetapi, pemasukan Toy Story 4 ke depan diprediksi positif mengingat film ini masih dapat dinikmati sepanjang musim panas. Sebagai catatan, musim panas adalah musim libur sekolah di AS.

Film Toy Story 4 adalah hasil karya Pixar Animation Studios dan Walt Disney. Tom Hanks dan Tim Allen kembali mengisi suara Woody dan Buzz Lightyear, dan Keeanu Reeves turut hadir sebagai Duke Caboom.

Toy Story salah satu waralaba rilisan Walt Disney yang mampu menjaga kualitas dengan konsisten. Toy Story selalu mendapat nilai A dari para pemerhati film dan menjadi nomine Oscar. Puncaknya saat Toy Story 3 yang dirilis sembilan  tahun lalu membawa pulang dua Piala Oscar untuk Film Animasi Terbaik dan Tata Musik Terbaik.

Di tangga box office, Toy Story tak pernah melempem. Toy Story (1995) mengeruk laba 373 juta dolar AS atau sekitar 5,2 triliun rupiah.

Toy Story 2 lebih gila lagi, mendulang 497 juta dolar AS (7 triliun rupiah). Puncaknya, Toy Story 3 yang menembus 1,06 miliar dolar AS (15 triliun rupiah). Dengan pencapaian sebagus ini, wajar jika Walt Disney dan Pixar memproduksi Toy Story 4.

Ini sekaligus penghormatan bagi pencipta tokoh Woody, Bud Luckey, yang berpulang Februari 2018 dan Don Rickles, (pengisi suara Mister Potato Head) yang meninggal dua tahun lalu. kbc10

Bagikan artikel ini: