Diplomat Success Challenge bawa Dina Dellyana berbagi kiat kewirausahaan ke anak muda Bandung

Minggu, 30 Juni 2019 | 22:45 WIB ET

BANDUNG - Perhelatan akbar kompetisi kewirausahaan Diplomat Success Challenge ke-10 tahun 2019/(DSCIX) yang digagas oleh Wismilak Foundation menggelar roadshow di kota Bandung akhir pekan ini.

Ajang yang sejauh ini meraih antusiasme tinggi kepesertaan dari para wirausahawan muda nasional sejak dibuka pendaftarannya secara daring pada 15 Mei lalu itu dihelat di Co & Co, sebuah coworking space yang menjadi salah satu pusat komunitas kreatif Kota Bandung.

Roadshow Bandung menghadirkan narasumber mumpuni dibbidang kewirausahaan seperti Mentor Nasional DSCIX 2019 sekaligus Direktur Bisnis SBM ITB, entrepreneur dan musisi, Dina Dellyana dan Gibran Huzaifah, local hero dan Founder & CEO eFishery, serta Gatot Hendraputra dari Coworking Indonesia.

Roadshow DSCIX yang mengunjungi Kota Kembang ini dilaksanakan di Co & Co, sebuah coworking space yang digagas salah satunya oleh Ongky Andi Saptari. Melalui produk yang dihadirkan, Co & Co ingin menciptakan ruang kerja dan berkreasi, tempat freelancer, pelancong, wirausahawan, profesional, nomaden digital, pencipta, inovator, mahasiswa, dan komunitas kreatif dapat bekerja bersama, bertemu, berbagi pengalaman, dan menyelesaikan sesuatu.

Penggagas DSCIX sekaligus Marketing Community & Event Manager Wismilak, Edric Chandra menyampaikan, sebagai kota yang begitu dikenal sebagai tempat berkembang pesatnya industri kreatif, Bandung menyimpan begitu banyak tidak hanya tokoh wirausahawan muda namun juga potensi munculnya pengusaha muda yang bernas dan berbakat.

“Bandung adalah gudangnya pebisnis muda kreatif! Peserta DSCIX banyak yang berasal dari kota ini. Di dalam roadshow ini, para peserta akan mendapatkan pengetahuan mengenai wawasan kewirausahaan dan informasi terkait dengan mekanisme submisi proposal DSCIX,” ujar Edric.

Edric menjelaskan, perhelatan DSCIX 2019 hadir dengan format baru yang telah disempurnakan dari tahun ke tahun. Format baru tersebut memberikan jangkauan lebih luas kepada calon wirausahawan muda di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi. Tidak hanya mendapatkan hibah sebesar Rp2 miliar, DSCIX juga memberikan pendampingan oleh mentor-mentor yang mempunyai pengalaman wirausaha dan sukses di bidangnya masing-masing selama masa inkubasi.

“Kami berharap roadshow ini menjadi sebuah ajang yang tidak hanya menginspirasi namun juga mitra strategis bagi kaum muda yang terjun ke dunia usaha untuk dapat meraih kesuksesan,” tutup Edric bersemangat.

Mentor Nasional DSCIX 2019 sekaligus Direktur Bisnis SBM ITB, entrepreneur dan musisi, Dina Dellyana menyampaikan bahwa ajang ini memberikan beragam kiat-kiat dan solusi penting dalam menghadapi berbagai tantangan dalam berwirausaha. Para peserta yang mampu keluar sebagai yang terbaik dalam ajang ini akan mendapatkan hibah modal membiayai mewujudkan bisnisnya. Bandung sebagai salah satu kota sumbernya pelaku usaha kreatif menurutnya bakal memunculkan banyak potensi peserta terbaik, khususnya Bandung memiliki karakter wirausahawan yang membawa sumberdaya dan konten lokal yang kuat dalam produk-produk kreatifnya.

Roadshow di Kota Bandung juga menghadirkan seorang local hero Gibran Huzaifah, founder & CEO eFishery, teknologi pakan ternak cerdas untuk budidaya ikan dan udang. Gibran Huzaifah yang sukses masuk dalam 30 inovator muda Asia berusia di bawah 30 tahun ini punya kepedulian tinggi untuk meningkatkan kehidupan peternak ikan. Forbes menyebut dirinya sebagai entrepreneur pengembang teknologi agrikultur.

Gibran melalui roadshow ini berharap para peserta bisa memulai bisnisnya untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat, bukan sekadar mengikuti trend. Semakin banyak entrepreneur terlibat dan bisa meraih keberhasilan maka mereka akan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat karena bisa menjadi solusi nyata bagi Indonesia.

Gibran berpendapat, ajang roadshow yang dilaksanakan di 9 kota ini mampu membangun semangat kewirausahaan sekaligus membantu pengusaha lokal di daerah untuk mendapatkan eksposur ke permodalan, mentorship, serta publikasi yang bisa membantu mereka utk lebih maju. Dengan begitu ekonomi lokal bisa berkembang dan kualitas ekosistem disana juga bisa lebih maju.

Roadshow kompetisi DSCIX dilakukan mulai 21 Mei sampai 23 Juli 2019 di sembilan kota di Indonesia, yakni Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Medan. Makassar, Bali dan Jakarta. Ada tga perguruan tinggi di tiap kota yang turut berpartisipasi pada rangkaian kegiatan di atas, antara lain Institut Teknologi 10 Nopember, Universitas Mahardika, Universitas Ciputra, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Gajahmada, Universitas Negeri Yogyakarta, dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Setelah dilaksanakan di Bandung, roadshow DSCIX akan hadir di kota Medan (4/7), Makasar (9/7), Bali, (16/7), dan kota terakhir sebagai penutup roadshow adalah Jakarta (23/7). kbc2

Bagikan artikel ini: