Penjualan turun, pembiayaan oleh multifinance Juni susut 15 persen

Kamis, 4 Juli 2019 | 07:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Berbeda dengan kondisi pada bulan Mei 2019, pembiayaan roda dua oleh multifinance pada periode Juni 2019 mengalami penurunan.

Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno menjelaskan, bahwa pembiayaan motor menurun karena jumlah penjualan motor juga menyusut.

Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI) dan Police Register (Polreg), kata Suwandi, penjualan motor menyusut per Juni 2019, yaitu sekitar 10%-15%.

“Penurunan ini karena daya beli masyarakat dan harga komoditas juga turun. Bayangkan saja, penjualan motor di Sumatera juga drop,” kata Suwandi, Rabu (23/7/2019).

Meski demikian, para pelaku usaha tetap optimistis bahwa bisnis pembiayaan motor bisa membaik. Suwandi memperkirakan para pelaku usaha akan menawarkan program dan promo menarik untuk meningkatkan jumlah pembiayaan motor sampai akhir tahun.

“Pelaku usaha akan menjalankan beberapa program demi meningkatkan daya beli masyarakat. Kalau daya beli naik maka bisnis pembiayaan juga terangkat,” tambah Suwandi.

Sepanjang 2019, AISI menargetkan penjualan sepeda motor mencapai 6,2 juta hingga 6,3 juta unit atau masih sama dengan target penjualan tahun sebelumnya. Sedangkan penjualan motor sampai Mei 2019, telah menyentuh 2,84 juta unit atau naik 8,39% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu yakni 2,62 juta unit. kbc10

Bagikan artikel ini: