Air Asia Indonesia gencar buka rute baru di wilayah Indonesia timur

Jum'at, 5 Juli 2019 | 07:20 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Maskapai PT Air Asia Indonesia Tbk (CMPP) terus memperluas rute penerbangan domestik, utamanya di kawasan objek wisata. Sebelumnya, perusahaan juga sudah membuka rute tujuan Lombok dan Labuan Bajo.

Direktur Utama CMPP, Dendy Kurniawan menjelaskan, dengan kedatangan pesawat manajemen akan membuka beberapa rute baru. Saat ini, manajemen tengah mengurus perizinan kepada Kementerian Perhubungan sebelum merilis kepada publik.

"Ada prosesnya, nanti begitu sudah dapat izin dan sudah efektif biasanya kami akan open for sale kan biasanya begitu. Kami ajukan dulu izinnya, slotnya segala macam, izin keluar baru mulai jualan," ujarnya di Jakarta, Kamis (4/7/2019)

Ia menjelaskan, satu pesawat utilisasinya sekitar 12 jam per hari dengan rata-rata penerbangan dua jam artinya pesawat tersebut hanya bisa melayani 2-3 rute saja per hari. Perusahaan berharap rute-rute yang akan di-launching nantinya akan menarik penumpang cukup baik.

"Kemarin kan kami sudah launching yang Lombok dan Labuan Bajo, ya bisa tebak sendiri lah. Inginnya sih ke timur lagi, tetapi lagi proses saya tidak mendahului sekarang sebelum izinnya keluar," lanjutnya.

Tahun ini dirinya menyampaikan akan banyak fokus menggarap rute-rute domestik, kendati untuk rute internasional juga terus dijajaki.

Untuk rute internasional, perusahaan juga baru saja me-launching rute Lombok - Perth, Australia. Dirinya tak menjelaskan kemana lagi rute internasional yang akan digarap di semester II-2019. kbc10

Bagikan artikel ini: