Kemenperin klaim 328 industri bertransformasi ke era 4.0

Jum'at, 5 Juli 2019 | 14:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengklaim sebanyak 328 industri manufaktur siap bertransformasi ke era industri 4.0. Hal tersebut ditandai dengan adanya keikutsertaan mereka dalam mengikuti penilaian Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (Indi 4.0).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Ngakan Timur Antara mengatakan 328 perusahaan itu cukup antusias memasuki era industri 4.0.

"Perusahaan industri ini sudah melakukan self-assesment INDI 4.0 secara online melalui akun SIINas (Sistem Informasi Industri Nasional)," kata Ngakan dalam keterangannya di Jakarta,Jumat (5/7/2019).

Adapun ke-328 perusahaan tersebut meliputi 39 perusahaan industri makanan dan minuman, 10 perusahaan industri tekstil, 30 perusahaan industri kimia, 198 perusahaan industri otomotif, 28 perusahaan industri elektronika, 11 perusahaan industri logam, 11 perusahaan industri aneka, dan 1 perusahaan industri EPC.

Menurut dia dari hasil self-assesment Indi 4.0, industri di Indonesia cukup siap untuk bertransformasi menuju indsutri 4.0. Adapun Indi 4.0 terdiri atas lima pilar, yaitu manajemen dan organisasi (management and organization), orang dan budaya (people and culture), produk dan layanan (product and services), teknologi (technology), dan operasi pabrik (factory operation).

Seperti diketahui, pada tahun ini Kemenperin telah menetapkan lima industri yang mendapatkan penghargaan Indi 4.0. Masing-masing yaitu PT Indolakto untuk sektor industri makanan minuman, PT Pupuk Kaltim untuk sektor industri kimia, PT Pan Brothers, Tbk untuk sektor industri tekstil, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia untuk sektor industri otomotif, dan PT Hartono Istana Teknologi untuk sektor industri elektronika.kbc11

Bagikan artikel ini: