Sprider-Man Far From Home sukses jaring US$400 juta sementara

Minggu, 7 Juli 2019 | 20:48 WIB ET

NEW YORK, kabarbisnis.com: Film superhero terbaru, Spider-Man: Far From Home baru saja rilis pekan lalu. Namun secara mengejutkan, film yang diproduksi Marvel Studio ini telah meraup pendapatan kotor lebih dari US$400 juta di seluruh dunia pada Sabtu (6/7/2019) kemarin. Padahal sehari sebelumnya, film ini baru menghasilkan US$351 juta, di mana kontribusi China sebesar US$ 7,5 juta.

Seperti dilansir dari Forbes, Sabtu (6/7/2019), jumlah itu diperkirakan akan terus meningkat secara mengesankan hingga akhir pekan ini. Bayangkan saja, sekuel Marvel Cinematic Universe (MCU) ini telah mengumpulkan US$ 32,6 juta pada Jumat lalu, atau meningkat 26% dari Kamis, yaitu US$ 25,20 juta. Artinya, hanya dalam waktu empat hari telah sukses kumpulkan US$ 124 juta.

Realisasi itu bahkan melampaui proyeksi awal Sony Picture, yang memperkirakan penghasilan US$ 125 juta baru bisa tercapai selama enam hari tayang. Dengan realisasi itu memungkinkan film yang dibintangi Tom Holland sebagai Spiderman ini menembus US$ 177 juta di hari Minggu. Itu merupakan berita baik, ketika respon publik sempat menurun pada masa pra-rilis film.

Pada tingkat ini, kemungkinan penghasilan bisa lebih atau di bawah US$ 100 juta pada Jumat atau Sabtu depan. Bahkan bisa saja, melebihi atau di bawah US$ 190 juta dalam enam hari tayang. Sementara gross US$ 32,5 juta Jumat lalu melebihi capaian The Amazing Spider-Man sebesar US$ 20 juta, dan juga Transformer US$ 21 juta. Keduanya tayang pada Juli 2012 dan Juli 2007.

Namun film ini masih kalah sedikit dari Transformers: Dark of the Moon senilai US$ 33 juta pada 2011, sementara masa pembukaan mencapai US$ 43 juta Rabu. 

Sedangkan Spider-Man 2 US$ 32,45 juta, di mana pada pembukaan film menembus US$ 40 juta pada Rabu. Angka-angka yang diproyeksikan film ini terus naik setiap hari karena telah melampaui perbandingan yang paling relevan.

Ini merupakan proyeksi dari optimisme pemain industri. Seperti, penghasilan di akhir pekan adalah sekitar US$ 97 juta untuk waktu tayang Jumat-Sabtu, dan mencapai US$ 188 juta ketika masa liburan di hari Selasa-Sabtu. Transformers dan Amazing Spider-Man mendapatkannya hampir US$ 177 juta, atau Spider-Man 2 yang raih US$ 180 juta dalam enam hari pertama tahun 2004.

Pada akhirnya, film tersebut menghasilkan US$ 373 juta selama enam hari. Hasil serupa juga dialami Spider-Man: Far Home dengan total US$ 390 juta. Hal ini sejalan dengan capaian Amazing Spider-Man sebesar US$ 137 juta dalam enam hari tayang dan masih akan memberikan US$ 338 juta.

Meskipun begitu, film MCU yang dibuka pada hari Jumat dan saat anak-anak masih bersekolah memang punya pasar berbeda. Jika dihitung, Spider-Man: Homecoming meraih penghasilan saat pembukaan senilai US$ 117 juta, ditambah pada Rabu-Sabtu mencapai US$ 66 juta. Sedangkan Far From Home di hari Jumat-Sabtu sekitar US$ 97 juta dan menjadi US$ 342 juta.

Dengan berbagai capaian tersebut, menunjukkan bahwa Spider-Man tetap menjadi karakter popular dan disukai. MCU telah benar-benar membuat film ini yang bertujuan agar semua orang mau menikmati sensansi fantasi blockbuster yang lebih besar dari kehidupan. Salah satu strategi marketing untuk mengerek pendapatan film ini dengan membeberkan sedikit jalan cerita (spoiler) dari Spider-Man: Far From Home. kbc10

Bagikan artikel ini: