Pekerja migran RI didorong manfaatkan rekening ponsel

Selasa, 9 Juli 2019 | 20:01 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mendorong para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri untuk memanfaatkan layanan remitansi nontunai.

Hal ini sejalan dengan program BI untuk mendorong remitansi PMI secara nontunai dengan dana berakhir di rekening bank.

Melalui kerja sama ini, CIMB Niaga turut berkontribusi tidak saja untuk memajukan perekonomian lokal dan nasional, namun juga memperluas akses keuangan bagi PMI dan keluarganya serta meningkatkan keuangan inklusif. 

Chief of Corporate Banking, Financial Institution, and Transaction Banking CIMB Niaga Rusly Johannes mengatakan, untuk memfasilitasi layanan remitansi nontunai, CIMB Niaga mengoptimalkan keunggulan produk perbankan digital Rekening Ponsel, bersinergi dengan SpeedSend yakni layanan remitansi dari CIMB Islamic Bank Malaysia.

"Saat ini layanan tersebut dapat digunakan oleh PMI yang bekerja di Malaysia, Thailand, Jepang dan Australia," kata Rusly di Jakarta, Selasa (9/7/2019). 

Dengan memanfaatkan Rekening Ponsel, PMI dapat lebih mudah mengirimkan dana kepada keluarganya di Indonesia, meskipun tidak memiliki rekening bank. Dalam hal ini, nomor ponsel berfungsi sebagai nomor rekening yang dapat menerima kiriman dana. 

Para PMI yang ingin memanfaatkan kemudahan remitansi melalui Rekening Ponsel dapat mendatangi agen-agen SpeedSend yang tersebar di sejumlah wilayah di masing-masing negara. Adapun dana yang telah masuk ke Rekening Ponsel keluarga PMI di Indonesia dapat digunakan untuk melakukan beragam transaksi perbankan termasuk tarik tunai melalui ATM CIMB Niaga dan jaringan ritel Alfamart serta Indomaret di seluruh Indonesia. 

Menurut dia, keluarga PMI juga bisa menjadikan Rekening Ponsel sebagai tabungan untuk menyimpan dana remitansi tanpa dikenakan biaya administrasi, sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan di masa depan seperti modal usaha. Lebih lanjut dia menjelaskan, dengan mengirim dana melalui layanan remitansi nontunai, keamanan juga lebih terjamin karena ditujukan langsung ke Rekening Ponsel pribadi atau keluarga PMI yang dituju. 

Guna memberikan pemahaman kepada para PMI atas manfaat remitansi nontunai melalui Rekening Ponsel dan SpeedSend tersebut, CIMB Niaga turut berpartisipasi dalam Program Sosialisasi, Edukasi, dan Monitoring Remitansi Nontunai yang diselenggarakan oleh BI dan BNP2TKI di Surabaya. “Melalui program tersebut, kami berharap dapat meningkatkan pemahaman PMI tentang remitansi nontunai sehingga mereka dapat mengoptimalkan penggunaannya,” pungkas Rusly. kbc10

Bagikan artikel ini: