MaxWin prakarsai ekonomi anti riba di Bali

Selasa, 9 Juli 2019 | 23:01 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Komitmen MaxWin untuk membebaskan masyarakat Indonesia dari jeratan riba terus digelorakan. Bekerjasama dengan pemerintahan Bali, MaxWin mulai merintis ekonomi bebas riba di Bali melalui platform pinjam yang disediakan.

"Kita tahu jika lima agama di Indonesia semuanya melarang praktik riba. Untuk itu kami bekerjasama dengan pemerintah mengembangkan konsep ekonomi anti riba dimana kami membangun holding BUMD dengan program pendanaan tanpa jaminan, tanpa bunga dan pengembalian," ujar MaxWin, Founder MaxWin Organization dan CEO BeliBisnis.com ketika dikonfirmasi kabarbisnis.com, Surabaya, Selasa (9/7/2019).

Karena tanpa jaminan, maka skema pendanaan ini sangat mudah untuk diakses oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang selama ini susah mendapatkan kredit dari perbankan. "UMKM yang tidak punya akses ke perbankan, bisa bekerjasama dengan kami," tegasnya.

Melalui kerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM, MaxWin telah menerapkan konsep ekonomi anti riba ini pada petani kopi di daerah Telaga Badung Bali. Melalui pendanaan  yang dikucurkan, MaxWin ingin membebaskan petani dari sistem ijon dan rentenir.

"Kami buat holding company bagi petani kopi. Menjembatani petani dengan Starbuck. Sehingga mereka bisa memiliki mengakses dna tanpa membayar bunga," tambahnya.

Namun untuk mendapatkan pendanaan dari MaxWin, petani harus memiliki ide bisnis, harus memiliki konsep bisnis yang jelas dan menguntungkan. Dan MaxWin memiliki konsep 1.5.10 dalam penerapan ekonomi bebas riba.

"Kalau di bank peminjam akan ditanya jaminan, maka kalau di kami yang ditanyakan adalah ide bisnis berapa yang dibutuhkan. Jika yang dibutuhkan satu misalnya, maka dalam proyek bisnisnya, dalam jangka lima tahun harus bisa menjadi sepuluh. Itu yang akan kami biayai, kalau dibawah itu, masih belum bisa," tegas MaxWin.

Konsep ini menurutnya tidak hanya akan dikembangkan di Bali tetapi di seluruh provinsi di seluruh Indonesia secara bertahap.kbc6

Bagikan artikel ini: