Peminat meningkat, Benelli gencar buka diler di Jawa Timur

Kamis, 11 Juli 2019 | 22:49 WIB ET

SIDOARJO, kabarbisnis.com: Di tengah belum bertumbuhnya pasar sepeda motor di Tanah Air, ada segmen yang justru booming. Hal ini seiring munculnya komunitas motor selain juga penggemar motor custom. Segmen yang dimaksud adalah motor retro atau klasik.

Fenomena ini dimanfaatkan pabrikan motor asal Italia, Benelli, dengan memilih untuk fokus ke segmen pasar tersebut. Namun dengan menawarkan harga yang terjangkau.

Tak ayal, kondisi ini berhasil menarik minat masyarakat. Sejak hadir di Tanah Air pada 2013, penjualannya terus meningkat. termasuk di Jawa Timur.

Hal ini pula yang mendasari Benelli untuk terus memperluas jaringan penjualan dan purna jualnya di provinsi ini. Selain Surabaya, pabrikan ini juga akan menambah dilernya di sejumlah kota di Jawa Timur.

Direktur PT Benelli Motor Indonesia, Steven Kentjana Putra mengatakan, pasar motor Benelli juga banyak berada di daerah. Karena itu, pihaknya mencoba mendekatkan diri ke para loyalis Benelli, salah satunya di Sidoarjo. Ini merupakan diler yang ke-35 secara nasional.

“Kami yakin kehadiran Benelli dengan Diler 3S (Sales, service dan spare parts) di Sidoarjo sudah ditunggu-tunggu. Karena selama ini mereka harus ke Surabaya untuk melakukan pembelian atau servis,” kata Steven di sela peresmian Benelli Sidoarjo di kawasan Jalan Jenggolo, Kamis (11/07/2019).

Selain memenuhi permintaan konsumen dengan jajaran tipe-tipe andalannya, seperti Cafferacer 152, Motobi Evo, TNT125, TNT250, Zafferano250, Eagle250, Moobi200, TNT899, Leoncino50, TRK502, dan deretan produk retro dan moge lain, Benelli juga menyiapkan layanan servis dan spare part dengan tenaga mekanik yang sudah terlatih.

Diakui Steven, sebagai merek yang hadir di Indonesia sejak 2013, Benelli tergolong pemain baru, ketimbang merek Jepang yang sudah puluhan tahun. Untuk itu, Benelli memilih untuk melakukan deferensiasi produk agar bisa terus eksis di kancah roda dua nasional.

"Intinya kita merek yang anti-mainstream. Kita memilih segmen yang berbeda, yakni penyuka motor berkapasitas mesin besar dan retro dengan harga terjangkau. Sehingga bisa dirasakan masyarakat Tanah Air," bebernya.

Direktur PT Benelli Perkasa Motor Jawa Timur, Guntur Siantar menambahkan, Jawa Timur menjadi pasar potensial bagi Benelli. Selain wilayah ini banyak komunitas motor, juga harga jual yang ditawarkan Benelli relatif bisa terjangkau masyarakat.

"Kami pun akan terus menambah jaringan diler di Jawa Timur. Setelah di Sidoarjo, kami akan menambah dua diler lagi di Surabaya yakni di Ahmad Yani dan Pucang," ungkapnya.

Selain itu, dalam waktu dekat pihaknya juga akan membuka diler di Jombang dan Kediri. kbc7

Bagikan artikel ini: