Bos Benelli: Kita wadahi masyarakat yang ingin tampil beda tapi dana cekak

Sabtu, 13 Juli 2019 | 07:11 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Tak semua pemain baru di industri sepeda motor Tanah Air bisa bertahan, di tengah ketatnya persaingan di pasar yang dikuasai pabrikan Jepang.

Namun brand asal Italia, Benelli mampu membuktikan bisa eksis bahkan terus berkembang sejak hadir di Indonesia pada 2013 lalu. Diferensiasi produk dan memberikan produk yang terjangkau namun tetap berkualitas menjadi kunci eksistensi Benelli.

Direktur PT Benelli Motor Indonesia, Steven Kentjana Putra mengatakan, Benelli sejatinya memiliki portofolio lengkap mulai skutik, bebek, dan motor sport kelas entry level yang populasinya sangat besar di Indonesia, namun dia sengaja tak masuk ke segmen itu.

"Namun kami tak memilih head to head dengan raksasa, karena konsumen di Indonesia melihat brand, bukan pada value for money. Jadi kita cari celah segmen yang tak diseriusi brand-brand kuat," jelasnya di sela peresmian diler Benelli di Jalan A Yani Surabaya, Jumat (12/7/2019).

Maka lahirlah sejumlah line up produk Benelli yang sebagian besar bergenre motor retro dan moge, diantaranya Cafferacer 152, Motobi Evo, TNT125, TNT250, Zafferano250, Eagle250, Moobi200, TNT899, Leoncino50, TRK502, dan beberapa modell lain. Harganya berkisar mulai Rp 22,8 jutaan hingga Rp 299,8 jutaan per unit.

Menurutnya, langkah itu dilakukan mengingat sebagian masyarakat Indonesia ingin tampil beda namun terbatas dana. Seperti tren saat ini yakni motor custom bernuansa klasik, namun untuk membuat moor demikian butuh dana besar. Kalaupun ada merek yang mengeluarkan produk, harganya masih relatif tinggi.

"Makanya kita mewadahi keinginan konsumen itu. Intinya kita merek yang anti-mainstream. Kita memilih segmen yang berbeda, yakni penyuka motor berkapasitas mesin besar dan retro dengan harga terjangkau. Sehingga bisa dirasakan masyarakat Tanah Air," bebernya.

Direktur PT Benelli Perkasa Motor Jawa Timur, Guntur Siantar menambahkan, Jawa Timur menjadi pasar potensial bagi Benelli. Selain wilayah ini banyak komunitas motor, juga harga jual yang ditawarkan Benelli relatif bisa terjangkau masyarakat.

"Kami pun akan terus menambah jaringan diler di Jawa Timur. Selain Surabaya dan Sidoarjo, dalam waktu dekat kami juga akan membuka diler di Jombang dan Kediri," ujarnya. kbc7

Bagikan artikel ini: