Nakhodai Rotary Club of Surabaya Kaliasin, Etty Soraya komitmen bantu kaum disabilitas

Jum'at, 19 Juli 2019 | 20:31 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Tongkat estafet kepemimpinan Rotary Club of Surabaya Kaliasin telah berpindah ke pundak Etty A Soraya. Etty menjabat sebagai President Rotary Club of Surabaya Kaliasin periode 2019-2020  menggantikan Dian Kalis yang telah menjabat selama periode 2018-2019.

Dalam sambutannya, Etty menegaskan komitmennya dalam membantu kaum disabilitas untuk memperoleh kesempatan yang sama dalam berusaha dan berkreasi. Hal ini sejalan dengan misi kemanusian Rotary Club tahun ini yang mengambil tema "Rotary Connects to The World".  Rotary Club of Surabaya Kaliasin berdiri selama 29 tahun yang beranggotakan 45 member yang seluruhnya adalah perempuan.

Komitmen tersebut dimulai dengan  mengundang Wulan dan Kiki yang mempunyai kekurangan secara fisik tapi dengan talenta yang luar biasa di acara Board Changeover (BCO) pada Kamis (18/7/2019). Wulan, gadis tunarungu diberikan kesempatan untuk menampilkan karya seni dengan menari sementara Kiki, gadis tunanetra diberi kesempatan bernyanyi serta bermain keyboard. 

"Menjadi sebuah tanggung jawab kami sebagai Individu dan anggota dari Rotary untuk dapat memberikan ruang berkreasi bagi teman teman disabilitas, serta memberikan tenaga, pikiran serta kemampuan finansial dalam pengabdian kepada masyarakat," ujar President of Surabaya Kaliasin, Etty A. Soraya usai pelantikan di Surabaya, Kamis (18/7/2019).

Walaupun di masa kepemimpinannya ia mengaku akan lebih intens membantu kaum disabilitas, namun ia juga menegaskan bahwa ia akan tetap menjalankan enam area fokus Rotary International. Keenam fokus tersebut adalah Kesehatan Ibu dan Anak, Pendidikan dan Literasi, Pengadaan Air Bersih, Pemberdayaan Ekonomi Daerah dan Komunitas, Pencegahan Penyakit dan Pengobatan serta Perdamaian dan Pencegahan Konflik Internasional. 

"Saya tidak dapat bekerja sendiri, tentunya bersama anggota Rotary serta donator, Kami saling bahu membahu untuk memberikan manfaat yang dapat dirasakan bagi masyarakat yang membutuhkan serta mempunyai dampak positif untuk masyarakat sekitar dan dunia sesuai dengan tema tahun ini Rotary Connects The World," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama District Governor Rotary District 3420 Indonesia  RAy Febri Dipokusumo mengatakan, secara umum Rotary Club Indonesia tetap fokus untuk menjalankan enam program. Namun dalam pelaksanaannya, sebagian besar program hanya mengarah pada empat sektor, sementara masih ada dua sektor yang belum terjamah, yaitu literasi dan pemberdayaan ekonomi daerah dan komunitas serta perdamaian dan pencegahan konflik internasional. 

"Untuk itu, pada tahun ini Rotary lebih menguatkan jumlah Rotary di seluruh Indonesia. Harusnya di setiap daerah ada Rotary di sana agar lebih banyak masyarakat Indonesia yang tergerak memberikan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.kbc6

Bagikan artikel ini: