Gunung Bromo aman dikunjungi wisatawan, tapi...

Minggu, 21 Juli 2019 | 10:30 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani menegaskan, gunung Bromo masih aman dikunjungi pasca-erupsi pada Jumat (19/7/2019) pukul 16.37 WIB. 

Hingga kini tercatat lima letusan dengan ketinggian asap 30 meter Namun, ia mengingatkan agar wisatawan mematuhi imbauan untuk berada dalam radius aman. 

“Gunung ini untuk wisatawan  masih aman, yang penting tidak masuk di dalam radius, dan kami masih memantau perkembangan gunung itu,” ujar Kasbani, Sabtu (20/7/2019).

Dia juga mengimbau wisatawan yang hendak ke Bromo untuk mempersiapkan masker saat berkunjung. 

“Disiapkan saja masker untuk antisipasi kalau kebetulan ada erupsi-erupasi kecil seperti itu kalau kebetulan ada abu yang lewat” kata dia. 

Sementara itu, saat dihubungi secara terpisah, Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat mengatakan, pasca-erupsi, Gunung Bromo masih aman dikunjungi dalam radius 1 kilometer dari kawah aktif. Batas radius 1 kilometer ini hingga di belakang Pura Poten. 

Erupsi gunung Bromo sendiri terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 37 mm dan durasi sekitar 7 menit 14 detik. Tinggi kolom abu tidak teramati saat erupsi. 

Pada Jumat malam, erupsi yang terjadi disertai banjir. Hal ini terjadi karena saat kejadian, hujan mengguyur sisi sebelah gunung. 

Akibatnya, lahar dingin yang keluar merupakan imbas dari adanya luncuran air yang mengenai lautan pasir.  

Menurut PVMBG, erupsi yang terjadi juga sudah berlangsung cukup lama dan bervariasi. Bromo selama ini sering mengeluarkan lontaran material seperti pasir, kerikil, batuan pijar, dan abu. 

Pada 2016 status gunung api ini pernah naik ke level III atau Siaga. 

Menurut catatan Kompas.com (29/6), saat itu terjadi peningkatan signifikan jumlah gempa vulkanik dangkal mencapai 63 kejadian. 

Pada saat itu, pengunjung tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 2,5 kilometer dari kawah aktif Bromo. 

Sementara itu, seperti diberitakan Kompas.com, Sabtu (20/07), berdasarkan pengamatan petugas TNBTS, cuaca di kawasan Bromo pada Sabtu pagi terlihat cerah. Tidak tampak adanya kolom abu yang membubung dari dalam kawah. kbc10

Bagikan artikel ini: