Daa dan rekening nasabah terganggu, ini imbauan BI untuk Bank Mandiri

Minggu, 21 Juli 2019 | 10:42 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Indonesia (BI) tengah mengawasi tindakan yang dilakukan Bank Mandiri dalam mengatasi gangguan sistem yang menyebabkan adanya perubahan pada data 10 persen nasabahnya.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko mengingatkan kepada Bank Mandiri untuk menjadikan persoalan ini sebagai peningkatan pelayanan perbankan ke depannya.

Industri perbankan merupakan bisnis kepercayaan dengan para nasabahnya. Jika pelayanan ini tidak ditingkatkan, dikhawatirkan akan menurunkan reputasi bank itu sendiri.

"Maka dari itu, dari kejadian ini, Bank Mandiri harus meningkatkan kapabilitas dan keamanan sistemnya. Supaya hal ini tidak terjadi lagi dan recovery bisa lebih cepat," tegas Onny di Medan, Sabtu (20/7/2019).

Sebagai salah satu otoritas perbankan, Bank Indonesia memiliki aturan dalam hal perlindungan konsumen. Dengan demikian, bisa dipastikan dana-dana nasabah meski berubah akan tetap aman.

"Kita tetap kedepankan perlindungan konsumen. Jadi bank-bank besar itu saya yakin sudah punya SOP dalam menghadapi segala persoalan seperti ini," tambahnya.

Onny juga menghimbau kepada para nasabah Bank Mandiri dan masyarakat untuk langsung menghubungi perbankan terkait jika terjadi masalah. Hal ini demi menghindari hoax yang terjadi di masyarakat. kbc10

Bagikan artikel ini: