Jangan ketinggalan! Festival Pulau Banyak hadirkan 12 agenda pariwisata

Senin, 22 Juli 2019 | 06:55 WIB ET

Banda Aceh – Festival Pulau Banyak 2019 akan segera digelar. Tahun ini, kegiatan berlangsung tanggal 23-27 Juli mendatang. Tak kurang dari 12 kegiatan sudah disiapkan panitia untuk meramaikan hajat tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Dispora) Aceh Singkil, melalui Kepala Bidang Pariwisata dan ekonomi, Surkani mengatakan, Pulau Banyak merupakan salah satu destinasi unggulan di daerahnya. Pulau ini menyajikan keindahan bahari dan budaya yang siap memanjakan wisatawan. Tak salah jika pemerintah daerah setempat membuatkan event yang digagas untuk mengangkat pamor Pulau Banyak.

“Event ini sudah terselenggara untuk ketiga kalinya. Tahun ini, panitiua akan berupaya menyajikan Festival Pulau Banyak sebaik mungkin. Gelaran acara akan terus diperbaiki dan disempurnakan, sehingga menarik kunjungan wisatawan,” ujarnya, Sabtu (20/7). 

Beragam kegiatan yang akan ditampilkan, antara lain Pagelaran Seni Budaya, Festival Kuliner, Fun Surfing, Fun Walk (Jalan Santai), Lomba Foto, Camping Pulau, Fam Trip, Gathering GenPI, Pelatihan Sumber Daya Desa Wisata, Pelatihan Souvenir, Pelatihan Selam (Diving), dan Crossing Ceremony.

“Dengan pelaksanaan Festival Pulau Banyak 2019, diharapkan dapat memacu peningkatan destinasi pariwisata di Kabupaten Aceh Singkil. Ini menjadi salah satu atraksi yang bakal menarik kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara,” imbuhnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani menambahkan, beberapa kegiatan pra event telah berlangsung. Misalnya Famtrip Travel dan Pelatihan Pemandu Selam yang dilaksanakan di Pulau Panjang serta Pulau Balai. Festival Pulau Banyak 2019 juga melibatkan para millenial. Dalam hal ini, panitia menggelar Lomba Foto Instragram dengan total hadiah Rp10 juta.

“Kita berharap Festival Pulau Banyak akan menjadi salah satu event tetap di Aceh, yang bakal digelar setiap tahun. Selain konten hiburan, panitia bisa menyuguhkan aneka keunikan dan pesona budaya daerah. Termasuk pesona bahari yang selama ini menjadi daya tarik wisman,” ungkapnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, Aceh adalah daerah istimewa yang tengah mengembangkan potensi sebagai destinasi halal unggulan. Yaitu dengan menjunjung budaya dan nilai-nilai syariah. Termasuk di dalamnya menyediakan produk makanan halal dan usaha pariwisata bersertifikat halal.

"Dari sisi detinasi, aceh memiliki banyak sekali objek wisata unggulan yang berpotensi menarik banyak wisatawan. Salah satunya Pulau Banyak di Singkil. Dengan adanya Festival Pulau Banyak, tentu akan menjadi kekuatan bagi Aceh untuk meramaikan pariwisata Indonesia,” tandasnya. (*)

Bagikan artikel ini: