Di Indonesia, populasi Jimny capai ratusan ribu unit

Senin, 22 Juli 2019 | 15:35 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menampilkan generasi keempat Jimny. Kehadiran mobil ini mendapat animo luar biasa dari pengunjung. Permintaan pun membludak.

Mengapa antusiasme masyarakat terhadap model ini cukup tinggi? Salah satunya karena pengguna Jimny di Indonesia yang dianggap cukup besar. 

Sebelum jadi barang langka seperti generasi ketiga dan keempat, Jimny pada era 1980 - 2000-an merupakan salah satu idola pendukung penjualan Suzuki di Indonesia. Mobil ikonik ini tercatat sudah terjual ratusan ribu unit sepanjang perjalanan karirnya di dalam negeri.

Generasi pertama Jimny (LJ80) dengan mesin 800 cc dan sistem gerak 4X4 atau yang lebih dikenal dengan sebutan 'Jimny Jangkrik' merupakan produk rakitan lokal dan mulai dijual pada 1979. Ada dua model turunan LJ80, yaitu LJ80V dan LJ80Q yang diproduksi dari 1979 hingga 1981.

Generasi kedua Jimny (SJ410) di Indonesia mulai dijual pada 1982, model ini dikenal dengan nama Katana dengan mesin 1.000 cc dan sistem gerak 4X2. Selain Katana, versi long wheelbase yang tersohor dengan sebutan "Jimny Long" hadir. 

Pada 2004, Suzuki meluncurkan versi lain generasi kedua yaitu SJ413 bernama Carribian. Model ini punya kabin lebih panjang dengan bodi belakang seperti pikap, mesinnya 1.300 cc.

Jimny generasi kedua mendapat popularitas tinggi di Indonesia. Desainnya yang mengotak unik, ukuran bodinya yang ringkas memungkinkan digunakan ke daerah terpencil di pelosok Nusantara.

Selain itu Jimny juga terbilang mudah dimodifikasi hingga bisa diaplikasikan ke berbagai fungsi.

Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Suzuki meluncurkan generasi ketiga Jimny JB33 yang punya julukan 'Jimny Wide'. Beda dari generasi sebelumnya, desain model ini membulat, bersistem gerak 4WD, dan mesin 1.300 cc.

JB33 tidak diproduksi lokal, melainkan diimpor dari Jepang. Model ini statusnya sangat langka sebab Suzuki cuma menjual 88 unit di Indonesia.

Generasi keempat Jimny sudah diluncurkan di GIIAS 2019. Beda dari generasi ketiga, model ini bisa dijual lebih banyak meski terbatas.

Suzuki hanya mendapat jatah 50 unit Jimny generasi keempat yang diimpor dari Jepang. Varian yang dijual merupakan versi Jimny Sierra di Jepang, spesifikasinya bermesin 1.500 cc dan 4WD.

Direktur Pemasaran Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra mengatakan Jimny memiliki kenangan yang begitu melekat pada masyarakat. 

"Terbukti dengan membukukan penjualan sebanyak 130.334 unit sejak tahun 1979 hingga saat ini," kata Donny.

"Setiap seri Jimny yang diluncurkan di Indonesia selalu membangkitkan kembali memori yang begitu historis dan fenomenal terhadap mobil legendaris ini. Sebagai bentuk apresiasi kami terhadap pecinta Jimny di Indonesia, di GIIAS 2019 kami meluncurkan Jimny generasi keempat," ucap Donny. kbc10

Bagikan artikel ini: