Google Doodle meriahkan Hari Anak Nasional

Selasa, 23 Juli 2019 | 07:06 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Children’s Day atau Hari Anak Nasional atau HAN di Indonesia, yang digelar setiap tanggal 23 Juli rupanya ikut dimeriahkan Google Doodle.

Google menampilkan ilustrasi gambar memperingati HAN pada tampilan laman depan atau Google Doodle pada Selasa (23/7/2019) hari ini.

Dalam perayaan ini, seluruh sekolah di Tanah Air menyelenggarakan acara budaya dan pendidikan. Selain itu, Hari Anak Nasional diharapkan bisa menjamin pemenuhan hak anak.

Jaminan ini antara lain hak hidup, hak tumbuh kembang, hak berpartisipasi sesuai harkat dan martabat, serta hak mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Hari Anak Nasional juga diperingati, mengingat bahwa anak-anak Indonesia merupakan aset yang sangat penting dan berharga bagi bangsa.

Sejarah singkat Hari Anak Nasional berawal dari gagasan Presiden RI kedua, Soeharto. Kala itu, ia melihat bahwa anak-anak merupakan aset kemajuan bangsa, sehingga berdasarkan Keputusan Presiden RI No 44 tahun 1984, ditetapkan setiap 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional.

Puncak peringatan Hari Anak Nasional 2019, bakal diadakan di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan hari ini. Acara ini bakal dihadiri 6.500 orang dari seluruh Indonesia, dan rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana.

Berbeda dari Hari Anak Nasional di Indonesia, Hari Anak Internasional justru diperingati setiap 1 Juni dan Hari Anak Universal diperingati setiap 20 November. kbc10

Bagikan artikel ini: