Sukses di Singapore, Advocado hadir bantu UMKM Indonesia

Selasa, 23 Juli 2019 | 08:39 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Advocadoapp.com startup besutan Eric Chia (Founder) dan rekan, menjalin kerjasama dengan YKN Finesia Tech, melebarkan sayapnya di Indonesia sebagai negara ke tujuh, usai hadir di Singapore, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Hongkong.

Advocado merupakan software berbasis webapp guna membantu merchants khususnya usaha mikro kecil menengah (UMKM) meningkatkan pendapatan dan efisiensi operasional melalui program loyalitas.

Kolaborasi ini terjadi di-latar belakangi oleh mulai tingginya serapan teknologi oleh UMKM di Indonesia yang mencapai 50% dari jumlah keseluruhan UMKM retail, namun belum dapat memaksimalkan peningkatan pendapatan mereka dengan memanfaatkan data dan layanan program loyalitas pelanggan. Kebanyakan program loyalitas yang hadir di Indonesia, hanya sebatas “poin loyalitas” dan umumnya software bertarif mahal untuk diterapkan di merchants atau UMKM.

"Belum banyak UMKM dan coffee shop terjaring dalam program loyalitas tertentu, selain karena masalah harga, ketidaklengkapan fitur program loyalitas untuk mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan pemilik bisnis, menjadi faktor utama program loyalitas belum diterapkan maksimal," kata Su Aidi, Business Development Manager untuk Advocado Indonesia melalui keterangan tertulis, Senin (22/7/2019).

Selain itu disisi lain sering kali dari pihak merchant kekurangan informasi yang komprenhensif dari provider mengenai manfaat program loyalitas.

"Banyak aplikasi poin loyalitas yang masuk ke kami, tetapi kami tidak memahami itu sebagai sesuatu yang dibutuhkan oleh manajemen, sebelum akhirnya kami paham bagaimana meningkatkan omset melalui program ini," ujar Helmita salah satu Owner Bakery Shop yang memiliki cabang di Kota Jakarta dan Malang. 

Hal tersebutlah yang menjadikan pentingnya Advocado hadir sebagai tim konsultan bisnis UMKM untuk membantu UMKM memahami bagaimana campaign-campaign di dalam fitur loyalitas pelanggan Advocado dapat meningkatkan omset dan mendatangkan pelanggan baru yang lebih banyak dalam kurun waktu tiga hingga enam bulan.

"Sejak aktif menggunakan advocado, kita melihat kenaikan pelanggan hingga 70%. Campaign One Time Offer terbukti berhasil dan kita dapat mengumpulkan database pelanggan dengan lebih mudah sekarang. Advocado membantu usaha kami meningkatkan pendapatan dan mempopulerkan kampanye marketing toko dengan cara yang efektif," jelas manager salah satu merchant F&B @Prime Shopping Center di Singapore.

Dengan hadirnya Advocado di Indonesia, selain mempermudah UMKM dapat bersentuhan lebih dekat dengan pelanggan, Advocado menjadi platform loyalitas pelanggan terlengkap yang disertai layanan mentoring atau konsultasi bisnis gratis. 

Menurut data Kemenkop, kontribusi UKM terhadap Produk Domestik Bruto (GDP) sekitar 60 persen, dan mencakup hampir 90 persen ketenagakerjaan di Indonesia. "Dengan membantu bisnis UKM menerapkan solusi digital dari program loyalitas, kami percaya Advocado dapat memberikan dampak positif yang besar terhadap perkembangan ekonomi Indonesia," pungkas Su Aidi. kbc10

Bagikan artikel ini: