Ralali tawarkan pinjaman modal bagi UMKM hingga Rp700 juta

Rabu, 24 Juli 2019 | 07:41 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Platform marketplace business to business (B2B) Ralali.com menghadirkan fasilitas pinjaman modal untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Bahkan, pinjaman yang diberikan bisa sampai Rp 700 juta.

“Kami memastikan Sahabat Ralali.com yakni para UMKM yang melakukan transaksi dan datang ke platform Ralali.com akan menemukan segala kemudahan untuk pemenuhan kebutuhan usaha yang one stop solution," kata VP BIG Resto Ralali.com Herman Antono dalam keterangannya, Selasa (23/7/2019).

Herman menjelaskan, pihaknya kerap melakukan proses 020 (offline-to-online) guna merangkul UMKM, memberikan pengenalan langsung tentang Ralali.com pada pelaku UMKM yang berada di berbagai daerah sehingga mereka tepat memahami bahwa Ralali.com menawarkan solusi secara holistik bagi UMKM.

"Sementara untuk pencarian produk tetap dilakukan secara online. Kombinasi ini menghasilkan kepercayaan dari UMKM pada kami,” ujar Herman.

Ia menyatakan, akses pendanaan modal UMKM akan digenjot demi keberlanjutan bisnis UMKM di Indonesia. Berbagai program dan inovasi dari Ralali.com menjadi visi untuk mewujudkan pemberdayaan satu juta UMKM Indonesia di tahun 2019.

Merujuk data Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebanyak 70 persen dari total hampir 60 juta unit UMKM di Indonesia belum mendapatkan akses pembiayaan dari perbankan. Padahal, UMKM menempati posisi penting dalam perekonomian Tanah Air.

Menurut Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), pada 2018 kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 60,34 persen, serta penyerapan tenaga kerja 116,73 juta orang atau 97,02 persen dari total angkatan kerja yang bekerja.

OJK mencatat, minimnya penyaluran pembiayaan bagi UMKM lantaran kendala administratif, serta manajemen keuangan dan bisnis yang umumnya masih dikelola secara manual. kbc10

Bagikan artikel ini: