Siarkan Premier League, Mola TV gandeng Matrix dan Mix

Kamis, 25 Juli 2019 | 19:35 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kekhawatiran masyarakat bakal ketinggalan siaran langsung Premier League khususnya untuk perandingan favorit (big match) klub-klub raksasa Inggris rupanya tak akan terjadi. Pasalnya, Mola TV yang notabene memegang hak siar Premier League di Indonesia memperluas jangkauan tayangan bagi masyarakat.

Pasalnya, Mola TV telah melakukan kerja sama dengan Matrix dan MIX untuk menyiarkan laga Premier League di Mola TV.

COO MIX, Bobby Christoffer mengatakan, nantinya masyarakat yang ingin menyaksikan siaran langsung Premier League di rumah atau lingkungan perumahan bisa melalui layanan Mola Matrix. Sedangkan untuk keperluan komersial, yakni kafe, restoran, hotel dan even komersial lain bisa menggunakan layanan dari MIX.

Asal tahu saja, Mola Matrix merupakan layanan baru yang dibentuk oleh Mola TV dan operator parabola Matrix TV untuk menghadirkan kanal Mola TV ke pengguna parabola.

"Digandengnya dua partner dalam penayangan Premier League di Indonesia ini untuk memberikan kenyamanan bagi individu atau komunitas pecinta bola dalam menyaksikan pertandingan Premier League di tempat-tempat favorit, baik bersama keluarga atau teman-teman," jelas Bobby pada press conference sosialisasi kerja sama Mola TV dengan Matrix dan Mix di Surabaya, Kamis (25/7/2019).

Premier League sendiri akan berlangsung mulai 10 Agustus 2019 hingga 17 Mei 2020. Mola TV akan menyiarkan sebanyak 380 pertandingan atau sekitar 10 pertandingan di setiap pekannya. Dimana akan ada sebanyak 30 laga big match.

Diakuinya, animo masyarakat di Tanah AIr untuk bisa mengikuti pertandingan Premier League cukup tinggi. terbukti, saat ini pihaknya sudah menerima banyak permintaan jenis komersial untuk bisa menyiarkan pertandingan tersebut.

"Bagi venue atau usaha komersil yang menyelenggarakan program ini, kami akan memastikan bahwa penyelenggaraan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kami mengimbau untuk segera mendaftarkan diri dan melakukan registrasi di website kami yakni molalivearena.com agar mereka bisa menyiarkan untuk area komersial secara legal," tandas Bobby.

Pihaknya memastikan jika setiap tayangan pertandingan Premier League akan dipantau oleh tim selain juga menggandeng Bareskrim Mabes Polri. Jika ditemukan ada areal komersial yang menyiarkan tanpa izin, akan ditindak secara hukum yang berlaku.

Kanit IV Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Bareskim Mabes Polri, AKBP Gusti Ngurah Astawa menyatakan pihaknya bakal memproses secara hukum bagi pihak yang tidak bekerjasama dengan Mola TV maka akan diberikan sanksi pidana.

”Jadi sifatnya adalah delik aduan, jadi apabila ada pihak yang mengadukan akan kami tindak,” ujarnya.

Dijelaskan Gusti, pelanggaran yang umumnya terjadi dalam kasus ini adalah kegiatan usaha penyiaran secara ilegal, pelanggaran hak siar terhadap penyedia konten yang memiliki lisensi. Hal ini sesuai dengan UU no 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Sementara itu Commercial Sales & Marketing Manager Matrix, Didik Satria menambahkan, dengan jangkauan yang sudah luas dari Sabang hingga Merauke, pihaknya berupaya untuk memberikan tayangan yang berkualitas kepada pelanggan. Salah satunya melalui tayangan laga di Premier League.

“Dengan daya cakup yang luas, kami sungguh berharap agar layanan Mola Matrix ini dapat menjadi konten yang berkualitas, berguna dan menghibur bagi masyarakat Indonesia," ujarnya.

Didik mengklaim, saat ini Matrix telah menguasai sekitar 50 persen pasar televisi satelit dengan melayani sekitar 20 juta pengguna (free to end). Sedangkan pelanggan berbayar telah mencapai lebih dari 1,2 juta pengguna. kbc7

Bagikan artikel ini: