Lebih konsumtif, generasi Z dinilai banyak terjerat pinjaman online

Jum'at, 2 Agustus 2019 | 08:14 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kemajuan teknologi membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah, termasuk dalam sistem pembayaran. Pembayaran saat ini tidak perlu lagi dengan uang tunai, namun transaksi bisa dilakukan lewat telepon genggam. Tak hanya itu, pengajuan kredit atau pinjaman juga tidak perlu melalui bank tapi bisa lewat aplikasi.

Namun demikian, kemudahan ini justru menjadi sebuah tantangan bagi generasi Z. Berdasar data yanga da di sejumlah negara di Asia diketahui banyak anak muda yang terjerat pinjaman online hingga puluhan juta rupiah.

Dikutip dari Bloomberg, Generasi Z dinilai menjadi generasi yang konsumtif. Pasalnya, membeli pakaian, makanan, tiket liburan dapat dilakukan hanya dengan satu aplikasi. Zeng Jinpeng menggunakan kartu kredit virtual Huabei yang dimiliki oleh Alibaba Group Holding Ltd. Meski penghasilannya hanya bersumber dari orang tuanya sebesar 8.000 yuan (Rp 16 juta), seringkali keperluan biaya hidupnya melebihi dari pemasukannya.

Kasus ini bukan kali pertama bagi Generasi Z di China. Mereka yang lahir di tahun 1996 hingga 2000, telah hidup beriringan dengan internet. Dengan akses kredit yang mudah yang ditawarkan dari berbagai aplikasi, hal ini justru memberi kekhawatiran. Sifat konsumtif generasi muda ini didukung dengan aplikasi kredit online yang semakin mudah dijangkau.

Pinjaman tanpa agunan di China meningkat sebesar 20 persen per tahun sejak 2008. Sebagian besar pinjaman yang ditawarkan dalam platform seperti ini, data yang terhitung tidak resmi. Layanan pinjaman ini memiliki penawaran kredit bergulir mulai dari 500 sampai 50.000 yuan. Dengan penawaran seperti ini, banyak penawaran serupa dari perusahaan saingan Alibaba.

Dengan kemudahan pinjaman tanpa jaminan, firma iResearch memprediksi bahwa jumlah pembiayaan konsumen melalui internet akan melonjak dua kali lipat. Lonjakan tersebut mencapai angka 19 triliun yuan pada 2021 mendatang dari angka 7,8 triliun yuan tahun lalu. kbc10

Bagikan artikel ini: