Pengusaha rest area tol siap bangun toilet berbayar Rp2.000, apa saja keistimewaannya?

Sabtu, 3 Agustus 2019 | 07:51 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kalangan pelaku usaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Rest Area Indonesia (Aprestindo) berencana menyediakan toilet berbayar di rest area tol.

Wacana ini tengah diusulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait payung hukumnya.

Ketua Umum Aprestindo Widie Wahyu mengatakan, toilet berbayar ini diperlukan untuk meningkatkan pelayanan di toilet bagi pengguna jalan bebas hambatan. Biaya menggunakan toilet ini dipatok mulai dari Rp 2.000 sekali pakai.

"Start dari Rp 2.000 oke. Karena kan ada beberapa rest area juga yang sekarang sediakan kamar mandi, kamar mandi air panas," katanya di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2019).

Nantinya tarif toilet tentu akan sebanding dengan layanan yang diberikan. Yang bakal membedakan kualitas toilet berbayar dan gratis adalah fasilitas dan bangunannya. Sementara ini pihaknya masih menunggu kebijakan dari pemerintah.

"Kita sih inginnya segera. Tapi ya tergantung kebijakan pemerintah," sebutnya.

Dia menambahkan, usulan yang disampaikan, menyangkut persentase toilet yang gratis dan berbayar adalah 50:50 atau 30:70. Jika itu direalisasikan, bukan berarti nantinya pelayanan di toilet gratis diabaikan.

"Karena kan yang gratis itu SPMnya (standar pelayanan minimum) dari Kementerian PU, kita nggak mungkin langgar itu," tambahnya. kbc10

Bagikan artikel ini: