Awas! Suka unduh aplikasi gratisan, ini risikonya

Sabtu, 3 Agustus 2019 | 08:47 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Meningkatnya cyber crime (kejahatan siber) belakangan ini dinilai sebagai dampak dari maraknya aplikasi yang ditawarkan di smartphone. Seperti diketahui, pelaku memiliki berbagai macam modus untuk bisa mencuri data pribadi pengguna.

"Teknologi semakin berkembang, akan tetapi risiko masih belum diketahui kemudian dari sisi regulasi tidak bisa diatur. Saat ini tidak ada hal yang gratis, aplikasi kan semuanya gratis pasti ada maunya," kata Ketua Indonesia Cyber Security Forum (ICSF), Ardi Sutedja, kemarin.

Dipaparkannya, para pengguna smartphone harus selalu waspada dalam menggunakan setiap aplikasi.

"Semua aplikasi yang ada di Internet semua punya risiko, kita mengunduh aplikasi kan tidak ada yang maksa ya, tapi kita punya kewajiban untuk mempelajari hukumnya. Ada syarat ketentuan harus dibaca," kata dia.

Dia juga mengatakan jika masyarakat juga perlu dibangun kesadarannya untuk mengamankan data pribadi di internet.

Tak hanya itu, Ardi juga mengatakan jika RUU Perlindungan Data Pribadi saat ini juga harus segera dilaksanakan untuk memerangi cyber crime atau pencurian data. Apalagi di tengah maraknya pengguna ponsel dan ketergantungan dengan internet sudah sangat tinggi. kbc10

Bagikan artikel ini: