HIPMI Jatim pamerkan produk unggulan pengusaha muda di ajang Koperasi & UMKM Expo

Minggu, 4 Agustus 2019 | 07:42 WIB ET
(KB/Purna Budi)
(KB/Purna Budi)

SURABAYA - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur bakal memamerkan beragam produk unggulan anak-anak muda di ajang 7th Koperasi & UMKM Expo yang digelar di Grand City, Surabaya, pada 7-11 Agustus 2019. Program itu diberi tajuk “HIPMI Createpreneur”, berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Jatim.

“HIPMI Createpreneur ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk unggulan dan kreativitas anggota HIPMI se-Jawa Timur. Kami benar-benar berfokus untuk berpameran dan memperkenalkan produk, bukan mengejar angka penjualan,” ujar Ketua Bidang Ekonomi Kreatif dan Telekomunikasi HIPMI Jatim, Agitya Kusuma Kamalalya, di Surabaya, Minggu (5/8/2019).

“Sehingga, untuk pameran HIPMI Createpreneur ini lebih mengarah ke model business-to-business, tidak kami anjurkan untuk bertransaksi retail langsung, melainkan melalui purchase order,” imbuh Agitya.

HIPMI Jatim pun telah melakukan kurasi dan presentasi produk dari pengusaha muda seprovinsi tersebut yang bakal ditampilkan pada ajang Koperasi & UMKM Expo. Kurasi dan presentasi produk dilakukan di kantor Dinas Koperasi dan UMKM Jatim.

Agitya menjelaskan, kegiatan kurasi digelar untuk menilai produk-produk milik anggota HIPMI se-Jawa Timur yang akan ditampilkan. “Kami akan menampilkan produk-produk  unggulan dari BPC HIPMi se-Jawa Timur, akan diikuti oleh 55 UMKM dengan lebih dari 70 jenis produk, mulai makanan minuman, fashion, kerajinan, properti, hingga jasa,” papar Agitya.

“Semoga ini mampu membuka ruang pemasaran yang lebih luas, menambah buyer baru untuk para pengusaha muda dari berbagai kabupaten/kota di Jatim,” tambah Agitya.

Tim Pelaksana HIPMI Createpreneur Abdul Ghofur menambahkan, ajang memfasilitasi para anggota HIPMI untuk berpameran ini  baru langkah awal dari ikhtiar HIPMI untuk mengangkat produk-produk UMKM dari anggota HIPMI se-Jatim. Upaya-upaya lanjutan terus dilakukan secara kontinu.

“Kami juga akan menggelar kegiatan business matching pada November 2019 sebagai kelanjutan HIPMI Createpreneur ini. Business matching ini akan mempertemukan para anggota HIPMI se-Jatim dengan para pelaku usaha dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga bisa membuka peluang pengembangan pasar. Ujung-ujungnya usaha anggota HIPMI terus berkembang, mampu menambah lapangan kerja dan membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan,” jelas Abdul Ghofur.

Tahun depan, sambung dia, HIPMI Jatim juga mempersiapkan pameran HIPMI Expo dengan skala yang lebih masif.

Pelaksana HIPMI Createpreneur sekaligus penyelenggara 7th Koperasi & UMKM Expo 2019, Yusuf Ungsi, mengatakan, rata-rata anggota HIPMI yang dilibatkan di HIPMI Createpreneur ini memang dipilih yang baru kali pertama mengikuti pameran bisnis.

“Kami ingin belajar bersama-sama untuk mengikuti sebuah pameran dengan cara yang benar, mulai proses pendaftaran, tahap kurasi produk, hingga acara pameran itu sendiri. Sengaja kami membuka seluas-luasnya kesempatan ini kepada rekan-rekan HIPMI se-Jawa Timur, agar kami bisa menampilkan segala macam produk, mulai makanan minuman, fashion, kerajinan, properti, hingga bidang jasa sekalipun,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jatim, Ahmad Basuki, mengapresiasi kiprah HIPMI yang bersemangat dalam mendorong anggotanya memperluas jaringan pemasaran, salah satunya melalui pameran.

“Melihat semangat teman-teman HIPMI Jatim ini mengingatkan saya kepada ucapan Bung Hatta tentang landasan kekeluargaan dalam koperasi. Tidak ada majikan dan buruh, melainkan usaha bersama untuk kepentingan dan tujuan yang sama. Dinas Koperasi dan UMKM siap berkolaborasi dan bersinergi dengan HIPMI Jatim dan memfasilitasi pengembangan dan kelengkapan usaha para pengusaha muda,” ujarnya. kbc5

 

Bagikan artikel ini: