PLN janjikan kompensasi ke usaha terdampak listrik padam serentak

Senin, 5 Agustus 2019 | 06:58 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT PLN (Persero) menjanjikan akan memberikan kompensasi kepada pelaku industri maupun pelaku usaha lainnya akibat mati listrik serentak yang terjadi di Banten, Jabodetabek, Jawa Barat hingga Jawa Tengah. Pasalnya, padamnya listrik ini cukup berlangsung lama.

Direktur pengadaan strategi 2 PLN Djoko R Abumanan mengatakan, pemberian kompensasi ini sudah diatur dalam peraturan yang ada di kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sekadar diketahui, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan telah mengatur besaran pengurangan tagihan Iistrik TMP (Tingkat Mutu Pelayanan) atau kompensasi kepada konsumen yang dirugikan saat terjadi pemadaman listrik.

"TMP nanti kita hitung memang ada Permen nya bahwa kewajiban PLN apabila nanti dihitung TMP-NYA lebih dari standar yang ada kita akan berikan kompensasi nya. Karena itu memang diatur dalam aturan pemerintah," ujarnya di kantor P2B PLN Gandul, Depok, Minggu (4/9/2019).

Menurut Djoko, pemberian kompensasi nantinya juga bakal dihitung berdasarkan potential dari pelaku industri itu sendiri. Berdasarkan perkiraannya potensial loss diperkirakan mencapai Rp90 miliar.

"Ya Rp90 miliar minimal lost, rugi. Belum didendai tadi ada kompensasi," imbuhnya.

Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani menambahkan, pemadaman yang terjadi mulai pukul 11.45 WIB itu sebelumnya beberapa kali mengalami gangguan pada Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 500 kV Ungaran- Pemalang.

"11.45 detik 27, pada saluran udara Ungaran-Pemalang terjadi gangguan pada sirkuit 1, kemudian disusul gangguan sirkuit kedua," jelasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: