Grab hadirkan titik pengendapan dan penjemputan resmi di Bungurasih

Senin, 5 Agustus 2019 | 23:19 WIB ET

SIDOARJO, kabarbisnis.com: Grab, everyday superapp terkemuka di Asia Tenggara, didukung oleh PT Alfath Mulia Jaya (PT. AMJ), secara resmi meluncurkan layanan Grab Lounge Bungurasih untuk para pengguna dan mitra GrabCar serta GrabBike di wilayah terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo.

Peluncuran layanan Grab Lounge Bungurasih ini dilakukan oleh Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah dan Igel Zibriel selaku VP Business Development Grab Indonesia serta disaksikan para undangan diantaranya dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota Surabaya, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, perwakilan TNI dan Polri, mitra pengemudi GrabCar dan GrabBike, dan tokoh masyarakat serta para penumpang setia aplikasi Grab, pada Senin (5/8/2019).

Layanan ini diharapkan dapat membantu pengunjung dari berbagai daerah dengan memberikan pengalaman perjalanan terbaik, mulai dari opsi transportasi yang aman dan nyaman di terminal dan kemudahan pembayaran sampai ruang tunggu yang representatif. Grab Indonesia ingin memberikan fasilitas ideal bagi para wisatawan dan masyarakat setempat yang ingin memulai atau menyelesaikan perjalanannya di wilayah Bungurasih.

Grab Lounge Bungurasih merupakan terobosan baru dari Grab di Jawa Timur. Tempat ini menjadi lokasi pengendapan bagi para mitra pengemudi GrabCar dan GrabBike serta menjadi titik penjemputan penumpang. Grab Lounge Bungurasih dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas untuk memanjakan para mitra pengemudi dan penumpang layanan aplikasi Grab.

Direktur PT AMJ, Ahmad Ronywahyudi mengatakan, sebagai pengelola Grab Lounge Bungurasih, pihaknya berkomitmen memberikan layanan prima bagi para penumpang.

"Kami percaya bahwa kerjasama dengan Grab ini akan membantu mobilitas pengguna jasa transportasi serta memberikan kemudahan dengan sistem digital yang membuat proses lebih mudah digunakan serta diharapkan dapat menjadi salah satu solusi masalah kemacetan yang sering terjadi di jalan Letjen Sutoyo (wilayah terminal Bungurasih) ini," katanya melalui keterangan tertulis, Senin (5/8/2019).

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan, terminal Bungurasih adalah pintu gerbang bagi Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya. Para wisatawan dan masyarakat perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai.

"Oleh karena itu saya yakin dengan komitmen Grab untuk mendukung sektor bisnis di Kabupaten Sidoarjo dengan menghadirkan layanan GrabCar dan GrabBike bisa menjadi solusi yang memberikan kemudahan akses para pendatang serta masyarakat Kabupaten Sidoarjo," tukasnya.

VP Business Development Grab Indonesia, Igel Zibriel menuturkan, peluncuran Layanan Grab Lounge ini merupakan salah satu solusi dari Grab mengenai masalah kemacetan yang biasa terjadi di wilayah terminal Bungurasih yang disebabkan oleh menumpuknya kendaraan. Dengan menjadi titik pengendapan kendaraan, maka mitra pengemudi lebih siap dan sigap melayani penumpang Terminal Bungurasih.

Dalam hal ini Grab berusaha untuk memberikan fasilitas bagi para mitra pengemudinya (baik roda 4 dan roda 2) untuk lebih tertib sesuai dengan aturan yang tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat sebagai dasar hukum operasional ojek online di Indonesia. 

Dalam pasal 8 poin a disebutkan bahwa pengemudi harus berhenti, parkir, menaikkan, dan menurunkan penumpang di tempat yang aman dan tidak mengganggu kelancaran lalu lintas sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kemudian dalam pasal 8 ayat b disebutkan bahwa bagi pengguna sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat dengan aplikasi berbasis teknologi informasi, shelter harus disediakan oleh perusahaan aplikasi. Grab Lounge dalam hal ini juga berfungsi sebagai shelter (tempat tunggu) bagi para mitra pengemudi aplikasi Grab.

“Sebagai superapp terkemuka serta unicorn Indonesia kelima, Grab Indonesia ingin memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi para penumpang cukup dengan aplikasi tunggal. Selain memberikan kemudahan transportasi bagi para penumpang, kami berharap dengan kehadiran layanan Grab Lounge Bungurasih ini dapat mendorong ekonomi lokal termasuk meningkatkan pendapatan para mitra Grab di Kabupaten Sidoarjo," jelasnya.

Menurutnya, layanan Grab Lounge Bungurasih ini merupakan layanan pertama yang diluncurkan di Indonesia dan diharapkan dapat menjadi pilot project yang akan diimplementasikan di kota-kota lain yang memiliki masalah kemacetan yang serupa.

Berbagai manfaat yang bisa dirasakan pengunjung dan pengguna GrabCar & GrabBike di Grab Lounge Bungurasih, diantaranya fasilitas Ruang Tunggu Khusus Mitra Pengemudi Grab: Bagi mitra pengemudi Grab (baik GrabCar maupun GrabBike). Ruang khusus juga telah dipersiapkan yang dilengkapi dengan musholla, toilet, kios makanan dan minuman, bengkel mobil dan motor, cuci mobil dan motor, barbershop , ruang untuk kopdar/meeting bersama khusus untuk mitra.

Disediakan juga ruang tunggu bagi para pelanggan Grab (khususnya bagi penumpang yang akan turun di terminal bungurasih) yang dilengkapi dengan mushola, toilet, kios makanan dan minuman, ATM (dalam proses). Saat tiba, pengunjung dapat bertemu dengan mitra pengemudi GrabCar/GrabBike di titik jemput resmi dengan mudah. Pengunjung cukup memesan layanan GrabCar atau GrabBike langsung dari aplikasi Grab dan mengunjungi Grab Pickup Point untuk menunggu jemputan. kbc7

Bagikan artikel ini: