Mulai beredar, nih bocoran harga PlayStation 5

Selasa, 6 Agustus 2019 | 07:26 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Anda yang sudah menunggu-nunggu kehadiran PlayStation 5 agaknya mulai bisa tersenyum. Pasalnya, sinyal bakal hadirnya perangkat game itu semakin jelas.

Hal ini terungkap dari salah satu gerai online kenamaan di Swedia, MediaMarket, yang sudah berani memajang pre-order  PlayStation 5 (PS5) meski perangkat itu belum resmi meluncur. 

Harga yang terpampang di situs tersebut cukup membuat mata terbelalak karena terbilang sangat mahal untuk ukuran sebuah konsol game, yakni 9.999 krona Swedia atau sekitar Rp 14,7 jutaan.

Tentu, angka tersebut masih perlu dipertanyakan karena hingga kini masih belum ada pengumuman dari Sony sendiri terkait jadwal kehadiran ataupun harga PlayStation 5. 

MediaMarket pun mengatakan bahwa harga yang tertera masih merupakan placeholder yang artinya bisa berubah. "Informasi seputar PS5 bersifat sementara dan bisa berubah saat rilis", tulis MediaMarket dalam deskripsinya.

Sebagian orang memprediksi harga PS5 tak akan setinggi yang tertera di situs MediaMarket. Mungkin banderolnya tak akan jauh-jauh dari harga perdana PS4 dulu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari New Zealand Herald, Senin (5/8/2019).

Meski demikian, tak menutup kemungkinan bahwa harga pemesanan awal PS5 memang akan benar-benar mahal. Dulu, pada 2007, Sony sempat mamatok pre-order PlayStation 3 seharga 1.200 dollar Selandia Baru (Rp 11 jutaan) untuk model 60 GB. 

PlayStation 5 diperkirakan akan mengusung fitur SSD dan CPU AMD Ryzen generasi ketiga dengan 7nm dan delapan inti. Pengolah grafisnya mungkin akan mengandalkan Radeon Navi denngan resolusi 8K.

"Konsol itu (PS5) disebut kompatibel dengan game PS4. Pesan hari ini untuk mengamankan Play Station 5 saat rilis," begitu rumor yang turut dicantumkan MediaMarket dalam promo pemesanannya.

Beberapa laporan menyebut PlayStation 5 bisa dijual dengan harga agak tinggi karena peningkatan tarif komponen China oelh pemerintah AS. Kabarnya, konsol ini baru akan dirilis tahun 2020 mendatang. kbc10

Bagikan artikel ini: