Respon kebijakan BI, BRI pangkas bunga kredit hingga 50 bps

Jum'at, 9 Agustus 2019 | 07:27 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI, anggota indeks Kompas100) memutuskan untuk melakukan penyesuaian suku bunga kreditnya. Langkah ini guna merespons kebijakan penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI).

Penyesuaian ini dilakukan dengan menurunkan suku bunga kredit pada segmen kredit mikro, ritel dan konsumer hingga 50 basis poin (bps). 

Penyesuaian suku bunga kredit perseroan tersebut sejalan dengan meningkatnya efisiensi operasional dengan mengandalkan digitalisasi perbankan. Pun terkait penurunan BI 7-Day Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps oleh Bank Indonesia awal Juli lalu.

Direktur Utama BRI Suprajarto mengatakan, penurunan bunga kredit diharapkan dapat memacu pertumbuhan kredit bank terbesar di Indonesia ini di segmen mikro, dan ritel.

“Selain dengan digitalisasi proses kredit untuk mempercepat proses pelayanan kredit, BRI juga melakukan penyesuaian suku bunga. Sehingga dengan proses kredit yang cepat dan suku bunga yang murah tentunya dapat memberikan ruang pertumbuhan kredit yang lebih tinggi,” kata Suprajarto dalam keterangan resminya, Kamis (8/8/2019).

Sekadar informasi, BRI telah melakukan digitalisasi proses kredit sejak 2018 lalu dengan aplikasi BRISPOT.

Terobosan digital ini dinilai ampuh mengakselerasi proses pengajuan kredit mikro menjadi lebih cepat, efisien, paperless dan digital base. kbc10

Bagikan artikel ini: