Kembali digelar, Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Jum'at, 9 Agustus 2019 | 07:31 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Setelah sempat tertunda, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali membuka pendaftaran program Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital.

Mengusung tema "Ignite The Nation", program tersebut digelar bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke-74.

"Gerakan Nasional 1000 Startup Digital akan digelar pada hari Minggu, 18 Agustus 2019, bertempat di Istora Gelora Bung Karno," kata Staf Khusus Menkominfo Lis Sutjiati dalam pengumumannya, Kamis (8/8/2019).

Pada bulan lalu, Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital ini sempat ditunda karena tingginya jumlah peserta yang mendaftarkan diri. Adapun venue yang semula akan digelar di Hall A Basketball Senayan, Jakarta, tidak mampu menampung peserta.

Kondisi itu yang membuat Kominfo untuk memutar otak terkait lokasi dan jumlah peserta yang akan diterima pada program kali ini.

"Untuk perayaan Ignite the Nation di Jakarta pada tanggal 18 Agustus akan dibatasi hingga 8.000 peserta. Namun tahapan Ignition akan dilaksanakan pula di kota-kota lain selama bulan Agustus dan September. Cari tahu jadwal Ignition Gerakan 1000 Startup Digital di kota lainnya," tutur Lis.

Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital edisi sekarang merupakan gelombang tahun keempat setelah ia resmi digelar pertama kalinya pada Juli 2016 lalu. Terakhir kali Kominfo membuka pendaftaran Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital sendiri terjadi pada Maret 2018 lalu.

Kali ini, Gerakan Nasional 1.000 Startup mengaku membawa sejumlah pembaruan. Beberapa di antaranya adalah perluasan skala dan peningkatan kualitas pengembangan startup digital, termasuk mengajak kementerian dan lembaga lain serta mitra lokal. 

Tak hanya itu, revisi juga sudah dilakukan terhadap kurikulum program, dengan lebih fokus pada inkubasi. Portofolio dan kualitas mentor juga disebutkan akan ditingkatkan dan serta memiliki jadwal pengajaran yang lebih baik. kbc10

Bagikan artikel ini: