Mengenal Gorilla Glass, penangkal goresan layar ponsel

Jum'at, 9 Agustus 2019 | 08:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Seiring dengan tingginya mobilitas masyarakat, pengguna smartphone kadang menghadapi risiko kemungkinan kecelakaan kecil pada perangkat kesayangannya. Tak heran, vendor smartphone melengkapi produknya dengan perlindungan layar yang baik yakni Gorilla Glass. Teknologi ini membuat layar smartphone lebih tahan terhadap goresan dan bantingan.

Dikembangkan oleh Corning Inc, Gorilla Glass adalah gelas yang terbuat dari bahan yang disebut alkali-aluminosilikat, yang dibentuk dengan menyatukan aluminium, silikon dan oksigen secara bersamaan.

Dilansir dari laman Android Pit, Kamis (8/8/2019) bahan-bahan tersebut merupakan bahan yang tidak dapat ditemukan di alam. Corning telah memulai pengembangan pada pertengahan 2005. Gorilla Glass menag dirancang agar tahan terhadap kerusakan dan goresan, ringan, dan memiliki ukuran yang tipis yakni 0,4 mm tebal.

Gorilla Glass memang bukanlah kemajuan pertama yang dibuat Corning pada sektor ini. Sebelumnya dikenal sebagai Chemcor, perusahaan mengembangkan jenis kacamata tahan lain yang digunakan pada barang-barang rumah tangga, perangkat oftalmik, serta untuk aplikasi mobil, luar angkasa dan farmasi. Namun, dengan smartphone, kesuksesan nyata Corning dimulai pada 2010.

Meskipun memiliki teknologi yang tidak akan pecah bahkan jika Anda memukulnya dengan palu, Gorilla Glass tidak akan membuat ponsel cerdas atau tablet Anda tidak bisa pecah. Semuanya tergantung pada versi Glass dan beberapa faktor lainnya juga, seperti ketebalan. Oleh karena itu, akan lebih baik untuk memikirkannya sebagai teknologi yang melindungi tampilan ponsel kita dari goresan dan goresan yang dalam.

Adapun versi Corning Gorilla Glass saat ini ada 6 jenis yakni Corning Gorilla Glass 1, Gorilla Glass 2, Gorilla Glass 3, Gorilla Glass 4, Gorilla Glass 5, dan Gorilla Glass 6. kbc10

Bagikan artikel ini: