Wow! Xiaomi siapkan smartphone berkamera 100 MP

Jum'at, 9 Agustus 2019 | 18:37 WIB ET

BEIJING, kabarbisnis.com: Fitur kamera telah menjadi salah satu andalan vendor smartphone dalam menggaet banyak penggunanya. Perkembangan fotografi pada smartphone pun terus berkembang. Setelah kelahiran sensor 32 MP oleh Sony, kini Samsung memicu perlombaan teknologi kamera 64 MP.

Pada konferensi pers terkait Teknologi Komunikasi Gambar Masa Depan di Beijing, Xiaomi memberikan rincian tentang kamera 64 MP mendatang yang kebetulan mengenalkan sensor Samsung. 

Namun pernyataan penutup Presiden Xiaomi, Lin Bin, lebih menarik perhatian banyak orang. Selain pengumuman sensor 64 MP, Lin Bin juga mengatakan, kamera 100 MP sudah tidak akan jauh dari produksi smartphone.

Dia memberi beberapa detail sensor dari perangkat baru ini. Pertama, sensor juga didatangkan dari raksasa manufaktur Korea Selatan, Samsung. Disebutkan, ukuran pikselnya adalah 108 MP dan resolusinya 12032 x 9024. 

Lin Bin mengatakan, Xiaomi akan meluncurkan handphone dengan resolusi lebih dari 100 MP. Meskipun yang bersangkutan tidak menyebutkan waktu spesifiknya.

Patut diingat, produsen kamera ponsel pintar terkemuka, Zeiss, baru-baru ini mengungkapkan, perlombaan untuk megapiksel pada kamera ponsel pintar tidak masuk akal. Menurut Michael Kaschke (CEO Zeiss), selama sensor fotografi untuk ponsel cerdas terus memperkecil diri, fotografi seluler tidak akan pernah bisa mengelak dari beberapa batasan yang selalu membedakannya.

Solusi meningkatkan jumlah megapiksel merupakan solusi yang tidak tepat dalam masalah ini, tapi lebih merupakan sebagai hambatan lebih lanjut. Bahkan, semakin tinggi resolusi sensor, semakin kecil piksel individu. kbc10

Bagikan artikel ini: