Pasarkan superblok hasil kolaborasi dengan Mitsubishi, Vasanta berburu pembeli hingga Surabaya

Jum'at, 9 Agustus 2019 | 20:44 WIB ET
GM Marketing Vasanta lnnopark, Suranto Tjhai.
GM Marketing Vasanta lnnopark, Suranto Tjhai.

SURABAYA, kabarbisnis.com: Surabaya dan Jawa Timur memiliki pasar potensial bagi pelaku bisnis properti di Tanah Air. Bukan saja untuk proyek di wilayah ini saja, namun sejumlah pengembang dengan proyeknya di daerah lain juga gencar membidik pasar Surabaya.

Salah satunya adalah PT Vasanta Diamond Development (VDD), pengembang proyek Vasanta lnnopark, kota bernuansa Jepang di Cikarang Barat, yang mulai melakukan penetrasi pasar di Surabaya dengan menggandeng kalangan agen properti.

VDD sendiri merupakan perusahaan patungan bentukan PT Vasanta Indo Properti melalui anak usahanya PT Sirius Surya Sentosa bersama anak usaha Mitsubishi Corporation Jepang, PT Diamond Development lndonesia.

GM Marketing Vasanta lnnopark, Suranto Tjhai menuturkan, sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya memiliki potensi pasar yang besar untuk sektor properti. Bukan saja untuk investor namun juga end user.

"Kita mulai penetrasi ke pasar Surabaya didasari oleh tingginya permintaan masyarakat di Jawa Timur terhadap dua tower yang sudah kami pasarkan sebelumnya," katanya di sela Vasanta Agent Summit di Dyandra Convex Surabaya, Jumat (9/8/2019).

Saat ini, pihaknya tengah memasarkan tower ketiga dengan nama Chihana dengan kapasitas 683 unit apartemen. Harga yang ditawarkan mulai Rp 450 jutaan per unit. "Untuk tower 1 dan 2 yakni tower Aoki dan Botan penjualannya sudah mencapai 90 persen dan pembangunan konstruksinya sudah mencapai lantai 20," ujar Suranto yang menargetkan serah terima untuk unit di tower 1 dan 2 pada Maret 2021 mendatang.

"Di luar Jakarta, selain di Surabaya kita juga menggelar product knowledge secara roadshow di Bandung dan Medan. Dan untuk Surabaya sendiri diharapkan bisa memberikan kontribusi sekitar 30 persen untuk penjualan tower 2," ujarnya.

Vasanta lnnopark merupakan proyek superblok yang dibangun di lahan seluas 12 hektare. Pengembangan superblok ini akan terdiri dari tiga bagian besar, komersial (meliputi mall, office, hotel, ruko), residential (apartemen, kondominium, serviced apartement), serta technology & education park.

Bersama Mitsubishi Corporation, Vasanta lnnopark dirancang untuk menjadi ”Japan Community and Technology Hub” di koridor Timur Jakarta. Vasanta lnnopark akan bertransformasi dengan konsep baru pada seluruh hunian dan fasilitasnya, dengan memasukkan unsur filosofi dan estetik Jepang ke dalam keseluruhan konsep desain. 

Lokasi Vasanta lnnopark sangat strategis, tepat di Cibitung Interchange, serta di dalam pusat industri Jepang, MM2100. Interchange ini akan menjadi ”Semanggi Baru" di Koridor Timur yang menghubungkan antar empat penjuru kawasan, Utara ke Tanjung Priok, Selatan ke Bogor, Timur ke Cikampek dan Jawa, serta Barat ke pusat Jakarta. 

Enam infrastruktur besar saat ini telah, sedang, dan akan dibangun di koridor Timur. Tol layang Jakarta-Cikampek, LRT, Kertajati International Airport, Patimban Deep Seaport, kereta cepat Jakarta-Bandung, serta APM (automated people mover) yang menghubungkan delapan kawasan industri besar di koridor Timur, termasuk MM 2100. 

Delapan kawasan industri besar di sekeliling Vasanta Innopark merupakan pusat industri otomotif dan elektronik nasional. Terdapat lebih dari 4000 perusahaan nasional dan multinasional dengan kapasitas produksi minimal 1 juta mobil per tahun. Aktivitas industri yang besar mendorong kebutuhan akan hunian yang berkualitas, serta dekat dengan lokasi kerja. 

Jumlah ekspatriat yang bekerja di area Cikarang mencapai lebih dari 22,000 orang, yang terdiri dari; dominasi 62% Jepang, 32% Korea, serta 6% gabungan dari berbagai negara lain. Sedangkan jumlah tenaga kerja lokal mencapai 1,5 sampai 2 juta karyawan. Potensi kawasan yang sangat besar ini ditangkap Vasanta Innopark sebagai ”Japan Community and Technology R&D” di koridor Timur Jakarta. kbc7

Bagikan artikel ini: