Startup kompres database Kecilin.id klaim gaet.1500 pengguna

Sabtu, 10 Agustus 2019 | 08:12 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Prospek usaha yang di bidang informasi dan teknologi cukup besar. Hal ini memunculkan tumbuhnya perusahaan rintisan alias startup di sektor ini.

Terbaru, startup Kecilin.id yang telah memulai layanannya pada tahun 2018 memiliki misi untuk membuat kesetaraan dalam mengakses informasi meskipun adanya keterbatasan data internet dengan memberikan kompresi yang efisien.

"Sekitar tahun 2016 saya menemukan bahwa kompresi mempunyai value yang sangat tinggi. Sejak itu saya melakukan riset mengenai kompresi baik itu melalui internet, Buku Compression Handbook karya David Solomon dan dari sumber lainnya. Pada tahun 2018 kami mulai meluncurkan Kecilin.id dengan tujuan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat yang ingin melakukan kompresi secara cepat dan mudah," ujar Christoper Farrel Millenio Kusuma, Founder Kecilin.id dalam keterangan persnya, Jumat (9/8/2019)

Dilanjutkannya, perbedaan Kecilin dengan yang lain adalah core algoritma yang diciptakan oleh Kecilin.id bedaraskan Genetic Algorithm yang memberikan kompresi yang tinggi, proses kompresi yang cepat tetapi kebutuhan penggunaan power yang sangat rendah.

Kecilin memiliki kemampuan untuk kompres file database hingga 99,99% dan tidak ada perubahan di matric data atau biasa disebut lossless. Kecilin juga memiliki kemampuan untuk kompresi gambar hingga 90% dan kompresi video hingga 75% tanpa mengurangi kualitas media tersebut.

Sebagai contoh dia mengklaim mampu melakukan kompresi gambar dari 1,48 GB menjadi 215 MB tanpa mengurangi kualitas gambar.

"Saat ini pengguna di Kecilin.id telah mencapai lebih dari 1500 pengguna setiap harinya dan kami yakin angka ini akan terus bertambah dikarenakan layanan yang kami tawarkan sangat berguna bagi masyarakat baik perseorangan maupun pelaku usaha", tutupnya.

"Digiasia sangat senang bisa menjadi bagian dari Kecilin.id sejak awal. Kami yakin dengan apa yang Farrel dan team lakukan akan membawa manfaat yang besar dan akan menjadi kebutuhan banyak orang kedepannya nanti", ujar Alexander Rusli, Founder Digiasia Bios. kbc10

Bagikan artikel ini: