Beban puncak listrik di Jatim saat Idul Adha capai 4.558 MW

Senin, 12 Agustus 2019 | 15:26 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Manager Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Uray Aminin menyampaikan bahwa konsumsi listrik Jatim saat beban puncak malam Idul Adha 2019 yaitu pukul 19.00 WIB sebanyak 4.829 MW. Besaran konsumsi listrik di Jatim tersebut turun dibanding Idul Adha tahun 2018 yang mencapai sebanyak 5.086 MW.

Sedangkan pada hari Minggu malam,  beban puncak terjadi pada pukul 18.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB dengan konsumsi 4.558 MW. 

“Daya mampu Jawa Timur mencapai 5.138 MW, kita masih memiliki cadangan pasokan 580 MW, sehingga pasokan listrik aman," ujar Uray, Surabaya, Senin (11/8/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pada hari Minggu kemarin, yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1440 H PLN Distribusi Jatim terys mengawal pasokan tenaga listrik agar bisa dinikmati masyarakat dengan nyaman dan aman. Tempat-tempat ibadah dan tempat untuk penyembelihan hewan kurban menjadi fokus utama dalam siaga kelistrikan kali ini.

"Khusus di UP2D Jatim, disiagakan sejumlah 6 orang dispatcher/pengatur distribusi dan 40 orang operator Command Center di 3 wilayah  DCC (Distribution Control Center) yang siap memberikan pelayanan terbaik," tambahnya.

DCC Tengah memegang kendali wilayah UP3 Surabaya Selatan, UP3 Surabaya Barat, UP3 Surabaya Utara, UP3 Gresik, UP3 Sidoarjo hingga UP3 Pamekasan. DCC Barat meliputi UP3 Mojokerto,UP3 Kediri, UP3 Madiun, UP3 Bojonegoro hingga UP3 Ponorogo. Sedangkan DCC Timur memegang kendali wilayah UP3 Pasuruan, UP3 Malang, UP3 Jember, UP3 Situbondo dan UP3 Banyuwangi.

Dan untuk mengamankan pasokan listrik Jatim pada Idul Adha kemarin, 1388 personel PLN dari seluruh unit pelaksana pelayanan pelanggan di Jawa Timur telah disiagakan. Terdapat 390 titik pengamanan pasokan listrik yang tersebar dan difokuskan pada beberapa tempat-tempat vital yang berhubungan dengan Hari Raya Idul Adha seperti Masjid, Pondok Pesantren, Kantor Pemerintahan, Stadion, Lapangan, Rumah Sakit, Stasiun dan Bandara. 

Senior Manager Distribusi PLN UID Jatim, Andriansyah menyampaikan pengamanan pasokan listrik sudah dimulai H-1 Idul Adha, para petugas PLN telah melakukan pengecekan terhadap 390 titik fokus pengamanan agar masyarakat mendapatkan kenyamanan saat merayakan Idul Adha 1440 H. 

General Manager PLN UID Jatim Bob Saril memberikan motivasi agar seluruh insan PLN bekerja ikhlas menjaga kepentingan masyarakat. Bob Saril mengingatkan kembali pentingnya keandalan listrik bagi masyarakat dan mengajak seluruh insan PLN untuk memberikan pelayanan terbaik. “Semoga semangat pengorbanan kita tumbuh menjadi solidaritas untuk berbagi pada sesama,” tutup Bob Saril. kbc6

Bagikan artikel ini: