Asyik! Tol Solo-Yogyakarta bakal tersambung hingga Borobudur

Rabu, 14 Agustus 2019 | 06:59 WIB ET

YOGYAKARTA, kabarbisnis.com: Ada kabar gembira bagi Anda yang suka melakukan perjalanan wisata ke Candi Borobudur di Magaleng. Pasalnya, pembangunan jalan tol ruas Solo-Yogyakarta bakal terhubung hingga kawasan wisata ternama ini.

Hal ini dungkapkan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kepatihan, Senin (12/8/2019). "(Tol) Jogja-Solo sampai Borobudur. Dulu hanya Jogja Solo. Itu sudah disepakati," katanya.

Dari Solo, jalur tol masuk dari kawasan Manisrenggo menuju ke ringroad Timur berdekatan dengan kawasan Lottemart (Maguwoharjo). Dari sana, jalur tol bersambung secara elevated (melayang) di atas Ringroad hingga kawasan Westlake (Ringroad Barat).

"Dari Manisrenggo masuk dekat Lottemart. Baru elevated, sambung ke Ringroad bablas ke Barat di atas Ringroad. Nanti sebelum Kavaleri, Demak Ijo itu motong sampai di atas selokan Mataram (elevated), baru kemudian masuk ke Muntilan," papar Sultan.

Sepanjang selokan Mataram ini jalur tol dibuat melayang hingga masuk wilayah Muntilan, Jawa Tengah. Dari jalur Muntilan ini, kata Sultan, baru melewati jalan darat. Di wilayah ini dilakukan pembebasan tanah (oleh Pemprov Jateng) hingga kawasan Borobudur.

Adapun untuk tol Jogja-Cilacap, kata Sultan hingga kini belum selesai dibahas. Alasannya, pembahasan jalur tol tersebut juga harus dikomunikasikan dengan pemerintah Kabupaten Kulonprogo. "Kalau untuk Jogja-Cilacap belum selesai. Masih belum ada agreement (persetujuan) terakhir. Yang sudah (dibahas) baru tol Jogja-Borobudur," katanya.

Sultan kembali menegaskan tidak ada jalan tol yang langsung menuju ke bandara YIA. Meskipun demikian, Sultan masih mengizinkan adanya akses dari bandara YIA yang menghubungkan ke jalan tol. "Ada akses jalan dari bandara untuk masuk ke tol, tapi bukan tol yang masuk ke bandara," kata Sultan.

Selain jalur tol tersebut, Sultan menjelaskan adanya jalan tembus yang mendukung jalan tol. Salah satunya jalan tembus dari Sentolo menuju Muntilan (Borobudur). Jalan tersebut termasuk jalur Jogja Outer Ring Road (JORR) yang bisa tembus ke Muntilan atau tembus jalan tol Jogja-Borobudur. Begitu juga dengan akses jalan dari Temon yang melewati Suroloyo diharapkan bisa menjadi satu dengan jalur jalan Sentolo Muntilan.

"Saya juga berharap, nanti dari jalan Temon menuju Suroloyo turun tembus jadi satu dengan jalur Sentolo ke Utara untuk tembus ke Muntilan. Jadi ke Bandara bisa lewat jalur Temon atau Sentolo (selain lewat tol)," harapnya. kbc10

Bagikan artikel ini: